UM Metro

Seminar Magister Pendidikan Biologi Memanfaatkan Pembelajaran Riset Terpadu Berbasis Muatan Lokal

Dalam rangka menyampaikan hasil Kegiatan Praktikum Lapangan Sumber Belajar Biologi (PLSBB), Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana UM Metro.

Seminar Magister Pendidikan Biologi Memanfaatkan Pembelajaran Riset Terpadu Berbasis Muatan Lokal
Istimewa
Seminar Magister Pendidikan Biologi Memanfaatkan Pembelajaran Riset Terpadu Berbasis Muatan Lokal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dalam rangka menyampaikan hasil Kegiatan Praktikum Lapangan Sumber Belajar Biologi (PLSBB), Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana UM Metro telah melaksanakan Seminar pada Jum’at, (24/01/2020) kemarin, di kampus 3 UM Metro.

PLSBB merupakan salah satu mata kuliah wajib pada semester 3. Telah dimulai persiapan dan pembekalan kegiatannya sejak pertengahan September 2019, dan pelaksanaan praktikumnya di wilayah Lampung dan Pesisir Barat pada 6-8 Oktober 2019.

Materi kegiatan terdiri dari 6 topik, meliputi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Biologi dikoordinir oleh Dr. H. Handoko Santoso, M.Pd; topik Botani oleh Dr. Achyani, M.Si; topik Zoologi oleh Dr. Hening Widowati, M.Si.; topik Biologi Lingkungan oleh Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd; topik Bioteknologi oleh Dr. Muhfahroyin, MTA; topik Bioremediasi oleh Dr. Agus Sutanto, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Agus Sutanto, M.Si., selaku direktur Pascasarjana UM Metro menegaskan "Lampung kaya raya akan sumber belajar, merupakan muatan lokal yang tidak kalah dengan objek-objek studi di Jawa dan luar Lampung.

Oleh karena itu wajib bagi kita, mahasiswa mengeksplor wilayahnya sendiri sebagai objek studi," terangnya.

Dalam sesi membuka seminar. Kaprodi Pend. Biologi menambahkan "Dari PLSBB telah banyak kita dapatkan ilmu dan wawasan yang dalam sebagai bekal membelajarkan Biologi di sekolah dan masyarakat luas," ungkap Dr. Hening Widowati, M.Si .

Dalam seminar yang dihadiri dosen pembimbing PLSBB, semua mahasiswa semester 3, sejumlah mahasiswa Pend. Biologi serta alumni, diangkat 2 topik utama tentang Kearifan Lokal Hutan Damar di Zona Tradisional Taman Nasional Bukit Barisan Selatan oleh tim Kurniawan.

Seminar Magister Pendidikan Biologi Memanfaatkan Pembelajaran Riset Terpadu Berbasis Muatan Lokal
Seminar Magister Pendidikan Biologi Memanfaatkan Pembelajaran Riset Terpadu Berbasis Muatan Lokal (Istimewa)

Serta topik Peluang Bioremediasi pada Bertani Non Organik di Sukau oleh tim Ahmad Fathoni.

Seminar mendapatkan antusias peserta, serta mendapatkan banyak pujian.

Pada akhir seminar, Dr. Muhfahroyin, MTA, menilai hasil dan diskusi sangat bagus.

"Diberikan masukan, untuk kedepan dapat dikemas sebagai seminar berkelas seperti IOP, Scopus, bahkan boleh jadi ada pembicara kunci."

Senada dengan itu, Dr. H. Handoko Santoso, M.Pd., menunjukkan bukti PLSBB yang berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) telah membawa mahasiswa mendapatkan pemahaman pengetahuan dan ilmu lebih dan semakin dalam. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved