Pelayanan Publik

Cara Buat Pengamanan Obyek Vital Nasional, Syarat, Fungsi dan Waktunya

Pengamanan obyek vital nasional adalah pengamanan Polri terhadap lokasi, bangunan atau instalasi dan usaha menyangkut hajat hidup orang banyak.

Cara Buat Pengamanan Obyek Vital Nasional, Syarat, Fungsi dan Waktunya
Tribunlampung.co.id/TAMA YUDHA WIGUNA
Ilustrasi. Cara Buat Pengamanan Obyek Vital Nasional, Syarat, Fungsi dan Waktunya 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG – Pengamanan obyek vital nasional merupakan salah satu produk layanan yang dikeluarkan Kepolisian Republik Indonesia. Pengamanan obyek vital nasional adalah sebuah pengamanan yang dilakukan pihak Polri terhadap kawasan atau lokasi, bangunan atau instalasi dan usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan sumber pendapatan negara yg bersifat strategis. Serta apa syarat dan prosedur buat pengamanan obyek vital nasional?

Kasubag Humas Polresta Bandar Lampung, AKP Titin Maezunah, menjelaskan pengamanan obyek vital nasional. Umumnya, layanan tersebut dilakukan oleh Satuan Samapta Bhayangkara (Satsabhara).

“Ya, karena ini jugakan pelayanan yang dilakukan Polri kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga bisa mengajukan permohonan pengamanan,” jelas AKP Titin, kepada Tribunlampung.co.id, Rabu (29/1/2020).

Lebih lanjut, ia menerangkan pengamanan obyek vital nasional tidak perlu adanya sebuah permintaan yang diajukan oleh seseorang. Pasalnya, hal tersebut telah tertera dalam Protap (prosedur tetap).

“Itu sudah jadi kewajiban kita, mengamankan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyangkut keselamatan orang banyak,” terang AKP Titin.

Apa fungsi pengamanan obyek vital nasional?

Berdasarkan keputusan menteri dan kepala lembaga pemerintah non departemen, dalam Kepres Nomor 63 Tahun 2004 Pasal 3.

Pengamanan obyek vital nasional memiliki fungsi Polri mengamankan kawasan atau lokasi, bangunan atau instalasi dan usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan sumber pendapatan negara yg bersifat strategis.

Bagaimana cara mendapatkan pengamanan obyek vital nasional?

Pengamanan obyek vital nasional adalah salah satu dari Protap (prosedur tetap) tugas Kepolisian Nasional Republik Indonesia.

“Itu sudah jadi kewajiban kita, mengamankan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyangkut keselamatan orang banyak,” terang AKP Titin.

Betapa lama waktu proses pengamanan obyek wisata?

Biasanya, proses pengamanan obyek vital tersebut akan berlangsung sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.

Demikian penjelasan Cara Buat Pengamanan Obyek Vital Nasional, Syarat, Fungsi dan Waktunya.(tribunlampung.co.id/tama yudha wiguna)

Penulis: Tama Yudha Wiguna
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved