Tribun Metro

Panen 47 Ribu Ton Gabah, Kota Metro Diminta Pemprov Pertahankan Lahan Sawah

Wali Kota Achmad Pairin menilai penting menjaga alih fungsi lahan untuk mempertahankan produksi hasil pertanian di Bumi Sai Wawai.

Panen 47 Ribu Ton Gabah, Kota Metro Diminta Pemprov Pertahankan Lahan Sawah
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
HASIL PANEN - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wali Kota Achmad Pairin meninjau hasil panen di kawasan Sumbersari, Metro Selatan, Senin (27/1). 

Panen 47 Ribu Ton Gabah, Kota Metro Diminta Pemprov Pertahankan Lahan Sawah

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali Kota Achmad Pairin menilai penting menjaga alih fungsi lahan untuk mempertahankan produksi hasil pertanian di Bumi Sai Wawai.

"Permintaan Pak Gubernur, Metro mempertahankan lahan pertanian. Jadi mengenai alih fungsi lahan ini harus ada aturannya. Ada dasar hukumnya. Supaya tidak mudah mengalihfungsikan sawah di sini," bebernya, Minggu (2/2).

Aliri 100 Hektare Sawah di Metro, Pemkot Akan Bangun 7 Sumur Bor

Pairin mengaku, alih fungsi lahan memang menjadi kendala untuk menjaga hasil produksi pertanian di Kota Metro. Namun, pihaknya bersyukur karena hasil panen padi tahun 2019 mampu melampaui target yang telah ditetapkan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para petani, karena hasil panen kita sangat maksimal. Bahkan bisa lebih dari target yang ditetapkan Provinsi 45 ribu ton gabah. Kita sampai 47 ribu ton. Ini sangat baik," ungkapnya.

Karenanya, ia meminta pihak terkait untuk bisa mempertahankan lahan dari ancaman alih fungsi. Dinas untuk terus mengawasi masalah alih fungsi secara ketat. Supaya tidak ada yang beralih fungsi lagi.

Sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta Pemkot Metro mempertahankan lahan pertanian di wilayah setempat agar tidak beralih fungsi menjadi pemukiman. Karena wilayah perkotaan sangat rentan beralih fungsi.

"Saya bahagia dengan hasil panen di Metro ini, tujuh ton per hektar. Karena itu keberhasilan ini harus dipertahankan," imbuhnya saat panen raya di Kota Metro beberapa waktu lalu.

Tahun 2019 Kota Metro Panen Gabah 48 Ribu Ton

Arinal Djunaidi juga menekankan jika pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Provinsi Lampung. Ini mengingat cukup besarnya peluang dan potensi yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved