Tribun Tanggamus

Sembilan Puskesmas di Tanggamus Akan Reakreditasi

Sembilan puskesmas akan menjalani reakreditasi dan satu puskesmas di Tanggamus didaftarkan untuk akreditasi tahun ini.

Sembilan Puskesmas di Tanggamus Akan Reakreditasi
Tribunlampung.co.id/Tri Yulianto
Puskesmas Sumber Rejo kini sudah menjadi puskemas induk. 

Sembilan Puskesmas di Tanggamus Akan Reakreditasi

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Sembilan puskesmas akan menjalani reakreditasi dan satu puskesmas di Tanggamus didaftarkan untuk akreditasi tahun ini.

Menurut Basri, Kabid Pelayanan Kesehatan, mewakili Kadiskes Taufik Hidayat, tahun ini ada dua kategori, yakni puskesmas reakreditasi dan puskesmas akreditasi. Total seluruhnya ada 10 puskesmas.

"Untuk puskesmas reakreditasi ada sembilan, semuanya sudah akreditasi pada 2017 lalu sehingga sekarang rekareditasi. Lalu satu puskesmas baru akreditasi yaitu Puskesmas Sumber Rejo," terang Basri,

Puskesmas Way Laga Akan Disulap Jadi 3 Lantai

Untuk puskesmas reakreditasi rinciannya Puskesmas Wonosobo, Puskesmas Sudimoro di Kecamatan Semaka, Pulau Panggung, Air Naningan, Ngari di Kecamatan Ulu Belu.

Lalu Puskesmas Margoyoso di Kecamatan Sumber Rejo, Sumanda dan Rantau Tijang di Kecamatan. Pugung, dan Puskesmas Bulok. Semua telah mendapatkan akreditasi dengan status madya saat itu.

Selanjutnya dalam akreditasi, puskesmas akan mendapat status sama atau di atasnya, bahkan bisa jadi turun ke status dasar. Sebab dalam reakreditasi bisa naik bisa turun status

Ada empat tingkatan status yakni dasar, madya, utama dan paripurna. Semua tergantung dari kondisi puskesmas tersebut setelah tiga tahun mendapatkan akreditasi.

Dalam reakreditasi penilaian di antaranya kondisi administrasi, manajerial, bentuk pelayanan, ketersediaan tenaga medis, obat dan sarana medisnya. Perhatian dengan lingkungan sekitar dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved