UM Metro

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020

Sebanyak dua puluh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Metro jalani pelatihan Relawan Pajak Tahun 2020.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020
Istimewa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Sebanyak dua puluh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Metro jalani pelatihan Relawan Pajak Tahun 2020. Acara bertempat di Laboratorium, fakultas setempat, Kamis (06/20/2020).

Dua puluh mahasiswa ini sebelumnya diperoleh dari hasil penjaringan calon relawan pajak sebanyak 53 mahasiswa.

Pelatihan yang terbagi dalam enam sesi tersebut diisi oleh narasumber dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Metro dan dosen di lingkungan FEB UM Metro.

Materi yang disampaikan terdiri dari Pajak Bertutur, PPh orang pribadi dan SPT, Komunikasi Efektif, Code of Conduct Relawan Pajak dan Testimoni relawan pajak terbaik tahun 2019.

Sementara pemateri dari KPP Pratama Metro, Nurul Amin menyampaikan materi pelaporan SPT e-filling, memandu, menginput sekaligus simulasi SPT e-filing dan e-form.

“Wajib Pajak saat ini dapat melakukan penghitungan, setor, dan lapor semua pajak penghasilannya secara online, tapi syaratnya harus memiliki NPWP kemudian melakukan registrasi account di DJP Online,“ jelas Nurul Amin, pegawai di bagian Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Metro.

Setelah registrasi, lanjut Nurul Amin “Wajib Pajak login, setelah login Wajib Pajak akan melewati proses perekaman utang, proses perekaman anggota keluarga, rekapan penghasilan wajib pajak tiap bulan, proses perekaman pembayaran PPh Final 0.5% omzet,” terangnya dihadapan peserta pelatihan relawan pajak.

Sedangkan Nedi Hendri, SE., M.Si., Ak.,CA., ACPA., CPA., CRA., pemateri PPh orang pribadi dan SPT sekaligus Ketua Program Studi D-III Keuangan dan Perbankan FEB UM Metro menyebut, mahasiswa relawan pajak akan ditugaskan di Kantor Pelayan Pajak Metro selama 1,5 bulan.

“Dengan menjadi relawan pajak mahasiswa akan banyak mendapat pengalaman, istilahnya kalau selama ini kan hanya belajar teori di kampus lalu besok ini mereka praktik langsung dan itu merupakan pengalaman yang berharga buat mereka,” ucapnya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro gelar Pelatihan Relawan Pajak 2020 (Istimewa)

Selain dua pemateri di atas, tiga pemateri lainnya ialah Gustin Padwa Sari, S.E., M.S.Ak., Karnila Ali, B.Bus., M.P.A., Sri Retnaning Rahayu, S.E., M.M. masing-masing menyampaikan Pajak Bertutur, Komunikasi Efektif dan Code of Conduct Relawan Pajak.

Sedangkan Nurul Amin, dari Kantor Pelayan Pajak (KPP) Pratama Metro hadir bersama rekannya yang lain Riza Muhammad Iqbal, Hellen Anggraeni dan Fanisya Nashvira.

Dan pada sesi terakhir merupakan testimoni dari Relawan Pajak Terbaik DJP Kanwil Bengkulu-Lampung Tahun 2019, R. Ema Hardiyanti yang juga mahasiswa FEB UM Metro. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved