Tribun Metro

Efektif Tekan Kejahatan Malam Hari, Polres Metro Akan Tambah Personel Tim Scorpion

Polres Kota Metro akan menambah personel tim Scorpion untuk meningkatkan pengawasan dan meminimalisir kejahatan curas, curat, dan curanmor

Efektif Tekan Kejahatan Malam Hari, Polres Metro Akan Tambah Personel Tim Scorpion
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Wakapolres Kota Metro Komisaris Hendriansyah 

Efektif Tekan Kejahatan Malam Hari, Polres Metro Akan Tambah Personel Tim Scorpion

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Polres Kota Metro akan menambah personel Tim Scorpion untuk meningkatkan pengawasan dan meminimalisir kejahatan curas, curat, dan curanmor (C3) di wilayah setempat.

Wakapolres Kota Metro Komisaris Hendriansyah mengatakan, tim yang telah terbentuk sejak 15 Januari 2020 efektif dalam menekan angka kejahatan di malam hari. Dimana hampir satu bulan beroperasi belum ada laporan kejadian kriminal malam hari.

Selain itu, aktivitas remaja yang berkumpul di pinggir maupun perempatan jalan hingga larut malam telah berkurang.

"Alhamdulillah selama ada tim Scorpion belum ada laporan kejadian curanmor malam hari. Ini berdasarkan laporan yang masuk ke kepolisian, kita tidak tahu kalau masyarakat tidak melapor," terangnya, Selasa (11/2).

Polres Metro Apel Siaga Antisipasi Bencana Banjir

Dijelaskannya, Polres Kota Metro baru memiliki dua tim Scorpion yang masing-masing tim diisi enam personel. Rencananya, dalam waktu dekat pihaknya bakal menambah satu tim kekuatan Scorpion.

"Kita tambah satu tim lagi menjadi tiga tim. Scorpion ini awalnya dikerahkan ke daerah pinggiran Metro yang wilayahnya tidak dapat dilalui oleh patroli R4. Selain C3, antisipasi kejahatan jalanan malam lainnya juga menjadi tugas dari tim scorpion," bebernya.

Dalam Sehari, Polres Metro Amankan 4 Orang Penyalahguna Narkoba

Dijelaskannya, Polres telah memetakan dua wilayah di Bumi Sai Wawai yang masuk jalur rawan pelarian pelaku tindak kejahatan. Sementara yang menjadi atensi khusus tim Scorpion beraksi di wilayah Metro Timur dan Metro Selatan.

"Karena dua wilayah ini menjadi jalur pelarian pelaku kejahatan. Terduga pelaku mayoritas dari luar Metro," katanya lagi.

Warga Diimbau Cepat Melapor

Wakapolres Kota Metro Komisaris Hendriansyah menambahkan, pihaknya juga mengimbau masyarakat agar dapat melaporkan secepat mungkin setiap kejadian kejahatan atau mencurigakan kepada Polisi.

"Ini supaya dapat secepatnya dilacak petugas. Masyarakat yang terkena musibah kehilangan, langsung melaporkan atau menghubungi Babinkamtibmas di lingkungan masing-masing," tuntasnya.

Cara kerja tim Scorpion adalah melakukan patroli hunting dan patroli dialogis

Menurut Wakapolres, patroli hunting dilakukan ketika personel menilai ada yang mencurigakan di jalan maka akan diberhentikan. Sedangkan patroli dialogis lebih pada penguatan imbauan kamtibmas ke masyarakat yang sasarannya ke anak muda yang berkumpul di pinggir jalan hingga larut malam.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved