Begini Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar lapak buku gratis di Pelataran Lapangan Sepakbola di Kampus Unila, Kota Bandar L

Begini Cara Mahasiswa Pertanian Unila Tingkatkan Minat Baca
ISTIMEWA
Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggugah minat baca dengan menggelar lapak buku gratis di Pelataran Lapangan Sepakbola di Kampus Unila, Kota Bandar Lampung, Selasa (18/2/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sekumpulan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung menggelar lapak buku gratis di Pelataran Lapangan Sepakbola di Kampus Unila, Kota Bandar Lampung, Selasa (18/2/2020).

Penggiat literasi, Wildan Hanafi, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan minat baca, khusunya mahasiswa Unila, dan juga masyarakat Bandar Lampung yang berkunjung ke Pelataran Unila.

"Pemilihan lokasinya kita pilih di sini karena tempat ini salah satu pusat keramaian yang memungkinkan menggugah para pengunjung untuk membaca buku," ujar Wildan, Rabu (19/2/2020).

Wildan mengatakan, menurut penelitian yang dilakukan UNESCO, organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan PBB pada 2016 terhadap 61 negara di dunia, menunjukkan kebiasaan membaca di Indonesia tergolong sangat rendah.

Kuliah Pembaharuan Hukum Pidana Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unila

Unila Akan Tindak Tegas Peserta SNMPTN yang Berbuat Curang

Penyebab rendah minat dan kebiasaan membaca itu antara lain kurangnya akses, terutama untuk di daerah terpencil.

 Hal itu merupakan salah satu yang terungkap dari Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kegiatan membaca saat sudah mulai berkurang, sehingga kami hadir untuk mengembalikan budaya literasi di masyarakat dan mahasiswa, khususnya Unila," terang Wildan.

"Jadi, kegiatan membaca buku ini agar tidak hilang ditelan zaman, saya bersama teman saya membentuk sebuah komunitas membaca," katanya.

Selain baca buku gratis, juga ada kajian-kajian mengenai permasalahan yang ada di kampus maupun di Provinsi Lampung.(rls)

Editor: Andi Asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved