Catat, Pada Tanggal Ini HP Black Market atau Ilegal Tak Akan Ada Sinyal alias Blokir Total

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menyuntik mati HP atau ponsel black market alias ilegal yang dibeli pada tanggal 18 April 2020 ke atas.

Catat, Pada Tanggal Ini HP Black Market atau Ilegal Tak Akan Ada Sinyal alias Blokir Total
Notebookcheck.net
Ilustrasi ponsel - Pemerintah menetapkan tanggal 18 April 2020 sebagai batas dimulainya pemblokiran total HP yang dibeli di black market atau HP ilegal. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menyuntik mati HP atau ponsel black market alias ilegal yang dibeli pada tanggal 18 April 2020 ke atas.

Tanggal 18 April 2020 adalah batas di mana HP atau ponsel yang dibeli dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity) tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian tidak akan bisa digunakan sama sekali di Indonesia.

Keputusan untuk menerapkan skema Whitelist itu merupakan hasil rapat bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan operator seluler.

Menkominfo Johnny G Plate memimpin langsung rapat penting yang menentukan nasib HP atau ponsel ilegal itu di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Bagaimana dengan HP atau ponsel yang dibeli melalui black market alias ilegal namun sudah digunakan sebelum tanggal 18 April 2020, apakah akan diblokir total juga?

Cara Cek IMEI iPhone dan HP Merek Lainnya

Penjelasan dari skema Whitelist ini adalah HP atau ponsel yang meski dibeli secara ilegal melalui black market sebelum tanggal 18 April 2020, dan sudah digunakan memakai SIM Card operator Indonesia sebelum tanggal tersebut, untuk selanjutnya akan tetap bisa berfungsi secara normal seperti biasa.

"Semua pelanggan yang sudah pake HP-nya, tidak akan ada perubahan apa-apa dan tetap aktif," ujar Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Indrasari Wisnu Wardhana di Jakarta, Jumat.

"Regulasi ini berlaku ke depan, sehingga bagi masyarakat yang saat ini perangkatnya sudah aktif meski tidak terdaftar di Kemenperin, tidak perlu resah, dan tidak akan ada registrasi lanjutan," tambah Ismail, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo.

Sedangkan HP atau ponsel yang dibeli melalui black market atau ilegal pada 18 April 2020 ke atas secara otomatis tidak akan bisa mendapat sinyal dari operator ponsel manapun di Indonesia.

Wakil Ketua Umum ATSI, Merza Fachys menegaskan bahwa apabila ponsel yang sudah dinyatakan ilegal, maka perangkat tersebut benar-benar tidak bisa dipakai menggunakan kartu atau SIM Card operator Indonesia.

Kronologi Polisi Tolong Pencuri Susu Formula di Minimarket

Halaman
12
Editor: Andi Asmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved