Pilkada Lampung Selatan 2020

KPU Lampung Selatan Akan Terapkan Zonasi saat Pelantikan PPS, Antisipasi Penyebaran Virus Corona

"Karenanya, kami akan buat dengan sistem zonasi, jadi pelantikan tidak pada satu tempat,” ujar Komisioner KPU Lampung Selatan Ansurasta Razak.

Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
Ilustrasi Peluncuran Sidemo sebagai maskot Pilkada Lampung Selatan 2020 di GOR Way Handak, Kalianda, Sabtu (21/12/2019) malam. KPU Lampung Selatan Akan Terapkan Zonasi saat Pelantikan PPS, Antisipasi Penyebaran Virus Corona. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan memastikan pelaksanaan tahapan untuk Pilkada Lampung Selatan 2020 tetap berjalan mengikuti tahapan yang diatur dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2019.

Komisioner KPU Lampung Selatan bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Ansurasta Razak mengungkapkan, dalam pelaksanaan tahapan tetap memerhatikan perkembangan kasus virus corona di Lampung.

Menurut Ansurasta Razak, KPU pusat dan provinsi serta Bawaslu telah membuat surat imbauan menyikapi perkembangan tentang informasi penyebaran virus corona (Covid-19) saat ini.

Di mana, lanjut Ansurasta Razak, KPU pusat dan provinsi, telah meminta KPU kabupaten/kota yang menjalakan Pilkada Serentak 2020, untuk membatasi atau menunda kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, seperti kegiatan sosialisasi dan bimtek.

Gerindra Bandar Lampung Usulkan Eva Dwiana dan Rycko Menoza ke DPP

Bawaslu Bandar Lampung Pastikan Tidak Ada Lagi PPS Terindikasi Bermasalah

Nanang-Pandu Dapat Rekomendasi Hanura Maju Pilkada Lampung Selatan 2020

Antisipasi Penyebaran Corona, Komisioner KPU Lampung Tak Lakukan Perjalanan Dinas Luar Kota

“Kita sudah mendapatkan imbauan untuk menunda kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa hingga April 2020,” kata Ansurasta Razak kepada Tribunlampung.co.id, Selasa (17/3/2020).

Menurut Ansurasta, menyikapi hal ini KPU Lampung Selatan pun telah mengambil beberapa langkah untuk beberapa kegiatan yang menjadi bagian dari tahapan pelaksanaan Pilkada Lampung Selatan 2020.

Satu di antaranya, lanjut Ansurasta Razak, terkait dengan pelantikan PPS dalam waktu dekat.

Rencananya, kata Ansurasta Razak, untuk pelantikan PPS ini, KPU akan membuat zonasi.

Menurut Ansurasta Razak, akan ada 5 zonasi, sehingga pelantikan tidak pada satu tempat.

“Karena untuk PPS ini banyak, satu desa ada 3 orang dan kami ada 260 desa dan kelurahan."

"Karenanya, kami akan buat dengan sistem zonasi, jadi pelantikan tidak pada satu tempat,” ujar Ansurasta.

Untuk tahapan pelaksanaan Pilkada Lampung Selatan 2020 pada September 2020, kata Ansurasta Razak, sejauh ini masih mengikuti PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Sejauh ini, lanjut Ansurasta, belum ada perubahan terkait dengan tahapan dan jadwal untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dari KPU pusat.

“Kalau untuk tahapan pelaksanaan Pilkada kita masih mengacu pada aturan yang ada. Kalau nanti ada perubahan aturan dari KPU pusat menyikapi perkembangan tentang virus corona saat ini, kita akan ikuti. Tetapi sejauh ini belum ada perubahan untuk tahapan Pilkada Serentak 2020,” kata dia. (Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved