Tribun Tulangbawang

32 Kampung di Tulangbawang Cairkan Dana Desa

Sebanyak 32 kampung dari total 147 kampung di Tulangbawang telah mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020.

grafis tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi 

32 Kampung di Tulangbawang Cairkan Dana Desa

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Sebanyak 32 kampung dari total 147 kampung di Tulangbawang telah mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020.

Setelahnya kampung yang sudah mencairkan DD tersebut didorong untuk merealisasikan pembangunan di kampung yang menjadi skala prioritas.

Salah satunya pembangunan infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat.

VIDEO Wakil Bupati Bantah Pemkab Tanggamus Hambat Pencairan Dana Desa

"Jangan lupa padat karya tunai, kepala kampung harus melibatkan masyarakat kampung. Khususnya yang penganguran agar bisa bergotong royong dan membangun kampung mereka menggunakan dana desa," ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Yen Dahren Arfah, Senin (23/3).

Yen mengimbau bagi kampung yang belum mencairkan DD tahap pertama agar segera mengurus proses pencairan sesuai syarat yang ditentukan.

Sehingga, jangan sampai nanti ada keterlambatan sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

"Dalam aturan kan pencairan DD tahap pertama paling lambat Juli. Bagi yang belum segera diurus, jangan sampai terlambat," paparnya.

Jika desa melakukan pengajuan pencairan DD tahap pertama lewat dari tanggal yang sudah ditentukan akan mendapatkan sanksi berupa pengurangan anggaran pada tahun 2021.

Begini Modus Kades di Mesuji Simpangkan Dana Desa Rp 123 Juta

Penyaluran DD maupun ADD 2020 disalurkan melalui tiga tahap, yakni tahap I sebesar 40 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 20 persen.

Pencairannya harus memenuhi syarat-syarat tertentu setiap tahapan. Salah satunya bisa direalisasikan setelah desa menyelesaikan Peraturan Desa dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa), dan laporan pertanggungjawaban atas realisasi pekerjaan.

Sistem penyaluran DD maupun ADD tahun-tahun sebelumnya dibagi dua tahap, yakni tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen.

Kemudian tahun 2019 proses pencairan mulai dilakukan sebanyak tiga kali, yakni tahap 1 sebesar 20 persen, tahap 2 dan tahap ke 3 masing-masing 40 persen. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved