Tribun Lampung Selatan

IDI Lamsel Desak Perketat Pemeriksaan di Bakauheni

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan meminta pengawasan dan pemeriksaan di pelabuhan Bakauheni lebih diperkat.

IDI Lamsel Desak Perketat Pemeriksaan di Bakauheni
Dok PT ASDP Bakauheni
Model bilik sterilisasi corona di Pelabuhan Bakauheni untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

IDI Lamsel Desak Perketat Pemeriksaan di Bakauheni

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan meminta pengawasan dan pemeriksaan di pelabuhan Bakauheni lebih diperkat.

Permintaan ini didasarkan fakta makin bertambahnya orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di Lampung dari dari pulau Jawa yang merupakan zona merah penyebaran virus corona (covid-19)."Ini sudah sangat serius," kata ketua IDI Lampung Selatan Wahyu Wibisana, Kamis (26/3).

Penumpang Akan Diperiksa di Bilik Sterilisasi Corona Pelabuhan Bakauheni

Menurutnya, Pelabuhan Bakauheni menjadi jalur vital penghubung Jawa-Sumatra. Setiap harinya ribuan orang dan juga kendaraan melintas d pelabuhan Bakauheni.

Karena itu, kata dia, pemerintah perlu untuk lebih serius melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang dan barang yang melintas melalui pelabuhan Bakauheni. Utamanya yang berasal dari pulau Jawa.

Pemkab Lamsel Siap Bantu Tenaga Medis di Pelabuhan Bakauheni

"Dari jalur ini Provinsi Lampung paling rawan terdampak. Terlebih Lampung Selatan yang memang menjadi wilayah daerah pintu gerbang," kata dr. Wahyu Wibisana.

Dirinya menambahkan, dari data satgas percepatan penanganan covid-19. Untuk di Sidomulyo ada 3 orang yang masuk katagori ODP. Satu orang masuk katagori PDP. Kesemuanya memiliki riwayat datang dari daerah di Pulau Jawa, utamanya Jakarta.

IDI Lampung Selatan menilai, menghadapi virus covid-19 ini seluruh elemen masyarakat harus ambil bagian untuk bisa terlibat aktif dalam upaya pencegahan. (ded)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved