Tribun Tanggamus

34.721 Warga Tanggamus Bakal Terima BST, Dijatah Rp 600 Ribu per Bulan

Dinas Sosial Tanggamus menyatakan bakal ada satu lagi program bantuan untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

34.721 Warga Tanggamus Bakal Terima BST, Dijatah Rp 600 Ribu per Bulan
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID/ANAS
Ilustrasi

34.721 Warga Tanggamus Bakal Terima BST, Dijatah Rp 600 Ribu per Bulan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Sosial Tanggamus menyatakan bakal ada satu lagi program bantuan untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Menurut Zulfadli, Kepala Dinas Sosial Tanggamus, bantuan tersebut dinamakan Bantuan Sosial Tunai (BST). Bentuk bantuan berupa pemberian dana Rp 600 ribu untuk satu keluarga selama tiga bulan.

"Bantuan ini dari Kementerian Sosial, nanti menambah bantuan yang sudah ada, bentuknya berupa bantuan dana sebulan Rp 600 ribu per keluarga penerima," kata Zulfadli, Selasa (5/5).

Dinas Sosial Tanggamus Siapkan 149 e-Warung Bagi Penerima BPNT

Ia mengaku, sekarang ini masih diajuan calon penerimanya ke pusat. Sudah dua kali diajukan dan sekarang ajuan tahap tiga. Itu tujuannya untuk perbaikan data guna menghindari kesalahan data penerima.

Sesuai pengajuan kuota Tanggamus dijatah 34.721 penerima. Mereka merupakan masyarakat yang dinilai layak menerima bantuan akibat adanya Covid-19.

"Bantuan ini tidak boleh tumpang tindih, mereka yang sudah dapatkan PKH dan Program Sembako tidak mendapatkan bantuan yang sekarang ini," terang Zulfadli.

Ia mengaku, calon penerima adalah masyarakat yang sudah ada dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan data masyarakat non DTKS. Maka ada pembaruan data yang bersumber dari validasi data. Dan ini gabungan DTKS dan non DTKS

Untuk mendapatkan data non DTKS, pendataan dilakukan pekon. Teknisnya pekon bisa melibatkan relawan Covid-19 dan aparat pekon untuk mencari calon penerima.

Selanjutnya semua data yang terhimpun diputuskan dalam musyawarah pekon yang melibatkan BHP, Pendamping Dana Desa, dan Tenaga Sosial. Hasil musyawarah inilah yang menguatkan seseorang bisa terima bantuan atau tidak.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved