Breaking News:

Advetorial

Masjid Al Iman Adakan Kajian Online dan Al Iman Peduli

Bulan Ramadhan 1441 H memberikan pengalaman dan pengamalan syiar Islam yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

ADV
Masjid Al Iman Adakan Kajian Online dan Al Iman Peduli. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Bulan Ramadhan 1441 H memberikan pengalaman dan pengamalan syiar Islam yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini, menjadikan kegiatan syiar Ramadhan yang biasanya ramai diselenggarakan di masjid dan mushola kini berkurang dan digantikan dengan kegiatan melalui media secara online.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pengurus DKM Al Iman Perumahan Bumi Puspa Kencana Gedong Meneng Bandarlampung, kegiatan Amaliah Ramadhan (AMAR) tahun ini banyak yang dilaksanakan secara online.

Di antaranya adalah Kajian Ramadhan Berkah (KAROMAH) yang dilaksanakan selama Ramadhan setiap hari Ahad pagi melalui aplikasi daring zoom.

Menurut Ketua DKM Al Iman Dr. Triono, M.I.P. KAROMAH dilaksanakan sebanyak 4 kali selama Ramadhan dengan mengambil tema yang berbeda-beda yaitu tentang “Hukum Waris Dalam Islam” dengan Narasumber Ustadz Abdul Halim dari Bogor, S.Ag.; “Kupas Tuntas Riba; Dosanya NgeRIBAnget” dengan narasumber Ust. Asep Abdullah, Lc,; Quranic Parenting; Kiat Sukses Mendidik Anak Cara Al Quran” narasumber Ust. M. Khumaidi, M.H.I. serta tema tentang “Keajaiban Lailatul Qodar” dengan narasumber Ust. Dr. Yusuf Baihaqi, M.A.

“Alhamdulillah, di tengah wabah pandemi covid-19 ini Masjid Al Iman masih dapat menyelenggarakan kegiatan syiar Islam melalui kajian secara online dalam kegiatan kajian ramadhan berkah (KAROMAH), selama Ramadhan kita adakan empat kali setiap hari Ahad pagi melalui aplikasi zoom, dan alhamdulillah jamaah yang mengikuti pun relatif banyak setiap sesinya, sekira 30-37 orang jamaah pesertanya,” tuturnya.

Triono menjelaskan, bahwa selain kegiatan KAROMAH, DKM Al Iman juga melaksanakan kegiatan Al Iman Peduli selama Ramadhan 1441 H dengan membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa, guru-guru ngaji, santunan kepada anak-anak yatim piatu, wakaf Al Quran dan perlengkapan shalat ke masjid dan pondok pesantren, membagikan masker, dan hand sanitizer, serta setiap hari Jumat membagikan paket Nabung (Nasi Bungkus dan Takjil Berbuka) kepada yang membutuhkan.

“Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan dilipat gandakannya pahala kebaikan, melalui kegiatan Al Iman Peduli kami menghimpun donasi dan sedekah dari jamaah dan donatur untuk kemudian sumbangan dan sedekah jamaah kami sampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan."

"Dalam kondisi saat ini Ramadhan memberikan ladang amal pahala untuk kita perlu lebih peduli dan berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan, Rasulullah menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Triono.

Salah seorang warga yang minta namanya tidak disebutkan menuturkan bahwa keluarganya mendapat bantuan paket sembako dan paket Nabung secara rutin melalui program Al Iman Peduli dari DKM Al Iman, dengan program ini keluarganya sangat terbantu.

Apalagi dalam kondisi wabah pandemi covid-19 ini banyak masyarakat seperti dirinya yang terdampak langsung secara ekonomi.

”Alhamdulillah dengan bantuan paket sembako dan paket Nabung dari jamaah Masjid Al Iman dapat meringankan ekonomi keluarga kami, kami mengucapkan terima kasih, semoga menjadi amal jariyah para donatur dan jamaah masjid Al Iman di bulan Ramadhan yang berkah ini,” paparnya.

Bendahara Masjid Al Iman Abdul Manan menambahkan bahwa kegiatan Amaliah Ramadhan (AMAR) di Masjid Al Iman tahun ini sedikit berkurang karena kondisi pandemi covid-19 yang belum hilang.

Namun demikian, kegiatan-kegiatan sosial dan syiar ramadhan melalui Al Iman Peduli dan penghimpunan ZISWAF masih perlu dilakukan dengan tetap menjaga protokol pencegahan covid-19, Abdul Manan mengajak para donatur dan masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan AL IMAN PEDULI dapat memberikan infak, sedekah, atau zakatnya melalui rekening BNI Syariah 0824-1403-73 an. Masjid Al Iman. (Advetorial)

Editor: Noval Andriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved