Breaking News:

Mengenal Gangguan Kepribadian Histrionik yang Bisa Sebabkan Seseorang Jadi Drama Queen

Semua orang pasti pernah mendengar sebutan drama queen.Biasanya sebutan ini disematkan pada orang yang terlalu mendramatisir keadaan.

Dokumentasi
Dewi Lutfianawati. Mengenal Gangguan Kepribadian Histrionik yang Bisa Sebabkan Seseorang Jadi Drama Queen 

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Semua orang pasti pernah mendengar sebutan drama queen.

Biasanya sebutan ini disematkan pada orang yang terlalu mendramatisir keadaan.

Dewi Lutfianawati S.Psi, M.Psi Psikolog mengatakan, orang yang drama queen adalah orang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik. 

Selain drama queen, orang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik biasanya suka mencari perhatian, lebay, dan emosinya selalu berlebihan. 

"Orang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik, kalau bercerita pasti akan melebih lebihkan cerita itu, atau ceritanya akan dibuat seperti sinetron," urai Psikolog dari Biro Psikologi Tentrem Hati.

TONTON JUGA:

Selain itu orang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik suka mengancam melakukan sesuatu, tapi itu hanya ancaman dan tidak benar-benar dilakukannya. 

Misalnya saat kekasihnya meminta putus, tapi dia tidak ingin putus, dia akan mengancam kalau kekasihnya tetap minta putus, dia akan bunuh diri, seperti dengan lompat dari atap gedung.

Dewi menyebutkan, penyebab gangguan kepribadian Histrionik adalah saat kecil diabaikan serta kurang kasih sayang, dan bisa jadi dia mengalami broken home.

Selain itu sejak kecil dia juga kekurangan kasih sayang dan rasa aman dari orangtuanya, tapi bisa juga karena faktor genetik yang artinya kalau orangtuanya memiliki gangguan histrionik, anaknya juga bisa mengalami gangguan itu.

Gangguan kepribadian histrionik ini tidak bisa disembuhkan karena namanya kepribadian pasti melekat sepanjang hidup , tapi bisa dikendalikan oleh psikolog yang berkolaborasi dengan psikiater. (Tribunlampung.co.id/Jelita Dini Kinanti)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved