Breaking News:

Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Bank Sentral, BI Lampung Gelar Program BI Mengajar di Unila

KPw Bank Indonesia Provinsi Lampung menggelar kegiatan BI mengajar di Universitas Lampung, Selasa (18/8/2020).

Tangkapan Layar Webinar BI Lampung
Kepala KPw BI Lampung dalam sambutannya di acara BI Mengajar di Universitas Lampung, Selasa (18/8/2020). Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Bank Sentral, BI Lampung Gelar Program BI Mengajar di Unila. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Provinsi Lampung  menggelar kegiatan BI mengajar di Universitas Lampung, Selasa (18/8/2020).

Kegiatan tersebut mengangkat tema 'Peran Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan untuk Indonesia Maju' diikuti sekitar 300 peserta secara daring.

Kepala KPw BI Lampung Budiharto Setyawan menjelaskan, bahwa BI mengajar merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BI keke-67 dan HUT ke-75 RI.

“Sebagai bagian dari rangkaian hari ulang tahu BI ke 67 yang bertema 'Sinergi membangun BI digital dan Indonesia Maju' dan HUT ke-75 RI yang bertema Indonesia Maju, BI telah melaksanakan program BI mengajar di masing-masing kantor perwakilan BI di Indonesia termasuk yang saat ini dilakukan di Provinsi Lampung,” jelas Budi dalam pemaparannya, Selasa (18/8/2020).

 1.125 ASN Lamsel di 8 OPD Sudah Jalani Rapid Test

 BREAKING NEWS Polisi Tangkap 3 Pelaku Pencurian Pipa Galian Pasir di Seputih Mataram

 Itera dan ITB Perkenalkan Metode Baru Pendidikan Astronomi

 Anggaran DPRD Lampung Utara Bakal Bertambah Rp 2 Miliar

Budi juga menjelaskan, program BI mengajar merupakan salah satu bentuk dukungan nyata dari BI dalam meningkatkan literasi ekonomi dan ke-bank sentral-an melalui kegiatan pengajaran.

Di samping itu melalui BI mengajar juga diharapakan para mahasiswa dapat memahami peran  dan kebijakan BI yang sangat penting dalam perekonomian bangsa, termasuk peran yang makin meningkat di era digital dan kontribusi bagi Indonesia maju.

Lebih lanjut Budi menerangkan, sebagai perpanjangan tangan BI di daerah, KPw BI Lampung bertugas menjalankan fungsi untuk merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan ekonomi daerah, implementasi kebijakan dan pengawasan sistem pembayaran, serta efektifitas pengelolan uang rupiah untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah dan nasional yang inklusif dan berkesinambungan.

“Kami berharap melalui kegiatan BI mengajar ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kapasitas keilmuan mahasiswa unila, sehingga menjadi lebih produktif di tengah pandemi covid-19 ini,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutanya Wakil Rektor (Warek) IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, Teknologi, dan Komunikasi, Prof Suharso juga berharap mahasiswa dapat memiliki pemahaman tentang literasi ekonomi dan ke-bank sentral-an.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi ekonomi dan ke bank sentral-an kepada mahasiswa dari program BI Mengajar. Mahasiswa harus paham bagaimana peran bank sentral di tengah-tengah kehidupan perekonomian khususnya di tengah pandemi seperti saat ini,” jelasnya.

Melalui kegiatan BI mengajar,  Prof Suharso juga berharap mahasiswa Unila mampu berfikir dan memiliki wawasan ke depan untuk memajukan Indonesia.

Berperan sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Budiharto Setyawan (Kepala KPw BI Lampung), Jourdan Kamal (CEO dan Co-Founder of MauBelajar Apa), dan dimoderatori oleh Arif Darmawan (Dosen FEB Unila).(Tribunlampung.co.id/Ahmad Robi)

Penulis: ahmad robi ulzikri
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved