Breaking News:

Berita Nasional

Dosen DIjatuhi Hukuman Pidana Penjara Gara-gara Nulis Sesuatu di Grup WhatsApp

Saiful yang merupakan dosen Unsyiah tersebut dinyatakan bersalah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tribunnews.com
Dosen Saiful Mahdi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Majelis hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh menjatuhkan vonis 3 bulan penjara terhadap terdakwa Saiful Mahdi.

Saiful yang merupakan dosen Unsyiah tersebut dinyatakan bersalah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim yang dipimpin oleh hakim ketua Ety Astuti.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa 3 bulan penjara dan membayar denda Rp10 juta," ujar hakim Ety Astuti saat membacakan amar putusan pada Selasa (21/4/2020). Hukuman penjara dan denda tersebut sama dengan tuntutan jaksa.

Dalam pertimbangan yang meringankan, hakim menilai terdakwa bersikap kooperatif dalam persidangan dan belum pernah dihukum.

Sedangkan, hal memberatkan, terdakwa dinilai telah mencemarkan nama baik Fakultas Teknik Unsyiah. 

Dua Jenderal Polisi Tersangka Suap Diperiksa Penyidik Hampir 12 Jam

Wanita Asal Indonesia Lakukan Bom Bunuh Diri di Filipina

Setelah vonis dibacakan, terdakwa Saiful Mahdi dan kuasa hukumnya dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh langsung menyatakan banding.

“Karena hari ini kami turut berduka, innalillahi wainnailahi rajiun, maka kami menyatakan banding,” kata Direktur LBH Banda Aceh Syahrul kepada majelis hakim.

TONTON JUGA

Sebelumnya Saiful Mahdi dilaporkan ke polisi oleh teman sejawatnya yakni Dekan Fakultas Teknik Taufiq Mahdi.

Taufiq merasa malu dan merasa nama baiknya selaku pimpinan Fakultas Teknik dicemarkan oleh Saiful di dalam sebuah grup WhatsApp.

Berikut kata-kata di grup WhatsApp Unsyiah Kita pada 25 Februari 2019:

"Innalillahiwainnailaihirajiun. Dapat kabar duka matinya akal sehat dalam jajaran pimpinan FT Unsyiah saat tes PNS kemarin. Bukti determinisme teknik itu sangat mudah dikorup? Gong Xi Fat Cai!!! Kenapa ada fakultas yang pernah berjaya kemudian memble? Kenapa ada fakultas baru begitu membanggakan? Karena meritokrasi berlaku sejak rekrutmen hanya pada medioker atau yang terjerat “hutang” yang takut meritokrasi". (Kompas.com/Daspriani Y Zamzami)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Grup WhatsApp, Dosen Unsyiah Saiful Mahdi Divonis 3 Bulan Penjara"

Editor: wakos reza gautama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved