Breaking News:

Tribun Bandar Lampung

PKM Unila Dampingi UMKM Keripik Pisang Desa Karang Turi

Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Lampung mendampingi pelaku UMKM di Desa Karang Turi, Kecamatan Karang Anyar, Lampung Selatan.

Dok PKM Unila
Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Lampung mendampingi pelaku UMKM di Desa Karang Turi, Kecamatan Karang Anyar, Lampung Selatan. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Lampung mendampingi pelaku UMKM di Desa Karang Turi, Kecamatan Karang Anyar, Lampung Selatan.

Kegiatan pendampingan dilakukan melalui program Penguatan Produksi dan Manajemen Mutu Usaha Rumahan Keripik Pisang yang digelar dalam beberapa tahapan setiap bulan (Juni-September 2020).

Ketua Tim PKM Neti Yuliana memaparkan, usaha keripik pisang Desa Karang Turi milik Sumaji dipilih lantaran usaha rumahan yang mempunyai prospek bagus.

Selain itu, persaingan usaha sejenis belum ada di desanya namun memerlukan sentuhan manajemen mutu dan produksi.

"Sebab pemasaran produk masih terbatas pada 2 retailer, dan proses produksi belum memenuhi persyaratan GMP atau cara berproduksi yang benar sehingga perlu pendampingan,” ujar dosen Teknologi Hasil Pertanian Unila dalam rilis yang diterima Tribunlampung.co.id, Sabtu (12/9/2020).

Sejauh ini, tahap pendampingan bersama anggota tim Dewi Sartika dan Beni Hidayat dibantu dua mahasiswa telah melakukan penguatan produksi dan manajemen mutu melalui beberapa tahapan.

Banamilk dan Banahot Tawarkan Cita Rasa Beda dari Keripik Pisang Umumnya

Permudah Penyajian Data, Unila Kenalkan Aplikasi Simponila

Tahap pertama berupa introduksi dan pemahaman terkait sanitasi dan layout produk, dan cara-cara berpraktik yang benar (GMP).

Ada juga persiapan apa saja yang dibutuhkan serta manfaat yang dihasilkan.

“Introduksi GMP atau CPPB-IRT ini diberikan agar bekal pengetahuan mitra sasaran meningkat sehingga akan lebih mudah untuk melaksanakan transfer teknologi," tambah Neti.

Halaman
12
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved