Breaking News:

Pilkada Metro 2020

KPU Kota Metro Pastikan TPS Akan Disemprot Cairan Disinfektan Setiap 3 Jam Sekali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro pastikan setiap tiga jam sekali Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disemprot cairan disinfektan.

Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
Ketua KPU Metro Nurris Septa Pratama. KPU Kota Metro Pastikan TPS Akan Disemprot Cairan Disinfektan Setiap 3 Jam Sekali. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro pastikan setiap tiga jam sekali Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disemprot cairan disinfektan.

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan, terkait pemungutan suara pada 9 Desember 2020, pihaknya telah memastikan jika protokol kesehatan akan diberlakukan di tiap TPS.

"Pertama jumlah TPS itu dibatasi dengan maksimal 500 pemilih. Kemudian ada pengaturan kedatangan, di mana akan diberikan nama dan jam waktu pencoblosan bagi pemilih," kata Nurris Septa Pratama, Selasa (15/9/2020).

Selanjutnya, pemilih dan petugas diwajibkan menggunakan masker.

Apabila pemilih tidak memakai masker, KPU akan menyediakan masker, sarung tangan plastik, serta tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan alat cek suhu badan.

"Petugas juga akan menggunakan face shield dan jarak bilik suara tidak berdekatan. Jadi syarat TPS harus luas dan berada di luar ruangan. Dan setiap tiga jam sekali, TPS akan disemprot desinfektan," kata Nurris Septa Pratama.

Selain itu, tinta tetes akan diberikan secara langsung, agar tidak ada kontak antar pemilih atau bersentuhan langsung.

Pihaknya tidak menginginkan Pilkada menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Karenanya, protokol kesehatan dipastikan ada di tiap TPS.

"Untuk pemilih yang terdeteksi suhu badan lebih dari 37 derajat celcius, maka akan diberikan bilik khusus," tuntas Nurris Septa Pratama. (Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved