Breaking News:

Rumas Sakit Imanuel Lampung

Edwin Kepala Instalasi Gizi RS Imanuel Jelaskan Jenis-Jenis dan Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia.

ist
Edwin, AMG., RD sebagai Kepala Instalasi Gizi rumah sakit imanuel lampung menjelaskan Manusia mengkonsumsi makanan untuk kelangsungan hidup. Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Edwin, AMG., RD sebagai Kepala Instalasi Gizi rumah sakit imanuel lampung menjelaskan Manusia mengkonsumsi makanan untuk kelangsungan hidup. 

Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia.

Maka tidak heran bila karbohidrat menjadi porsi terbesar dalam makanan sehari-hari.

Apa itu karbohidrat? Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terdiri dari atom karbon, hidrogen dan oksigen yang digunakan sebagai bahan pembentuk energi.

Sumber karbohidrat pada umumnya berasal dari padi-padian (serealia) seperti beras, umbi-umbian seperti singkong,kentang,  kacang-kacangan dan gula Hasil olahannya seperti bihun, mie, roti, tepung-tepungan dan selai, sirup.

Berdasarkan struktur molekulnya, karbohidrat terbagi menjadi 4, yaitu :

1.       Monosakarida

Contohnya : glukosa, galaktosa dan fruktosa.

Glukosa adalah gula terpenting bagi metabolisme tubuh sumbernya dari makanan atau dari hasil pencernaan. Contohnya yaitu buah-buahan, jagung manis, madu.

Galaktosa  tidak terdapat dalam bentuk bebas di alam, tetapi terdapat pada bahan hewani yaitu air susu.

Halaman
1234
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved