Breaking News:

Rumas Sakit Imanuel Lampung

Edwin Kepala Instalasi Gizi RS Imanuel Jelaskan Jenis-Jenis dan Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Edwin, AMG., RD sebagai Kepala Instalasi Gizi rumah sakit imanuel lampung menjelaskan Manusia mengkonsumsi makanan untuk kelangsungan hidup. Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Edwin, AMG., RD sebagai Kepala Instalasi Gizi rumah sakit imanuel lampung menjelaskan Manusia mengkonsumsi makanan untuk kelangsungan hidup. 

Setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi yang bervariasi, di antaranya karbohidrat sebagai sumber energi utama manusia.

Maka tidak heran bila karbohidrat menjadi porsi terbesar dalam makanan sehari-hari.

Apa itu karbohidrat? Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terdiri dari atom karbon, hidrogen dan oksigen yang digunakan sebagai bahan pembentuk energi.

Sumber karbohidrat pada umumnya berasal dari padi-padian (serealia) seperti beras, umbi-umbian seperti singkong,kentang,  kacang-kacangan dan gula Hasil olahannya seperti bihun, mie, roti, tepung-tepungan dan selai, sirup.

Berdasarkan struktur molekulnya, karbohidrat terbagi menjadi 4, yaitu :

1.       Monosakarida

Contohnya : glukosa, galaktosa dan fruktosa.

Glukosa adalah gula terpenting bagi metabolisme tubuh sumbernya dari makanan atau dari hasil pencernaan. Contohnya yaitu buah-buahan, jagung manis, madu.

Galaktosa  tidak terdapat dalam bentuk bebas di alam, tetapi terdapat pada bahan hewani yaitu air susu.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved