Breaking News:

Tribun Lampung Tengah

BPS Lampung Tengah Catat Angka Kemiskinan di Tahun 2019 Mencapai 12,03 Persen

BPS Lampung Tengah mencatat, angka masyarakat yang hidup dalam kemiskinan di kabupaten itu pada tahun 2019 mencapai angka 12,03 persen.

Dokumentasi BPS Lampung Tengah
Ilustrasi - Kantor dan staf BPS Lampung Tengah berfoto bersama. BPS Lampung Tengah Catat Angka Kemiskinan di Tahun 2019 Mencapai 12,03 Persen. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Tengah mencatat, angka masyarakat yang hidup dalam kemiskinan di kabupaten itu pada tahun 2019 mencapai angka 12,03 persen.

Kepala Seksi (Kasi) Statistik Sosial BPS Lampung Tengah, Yasir Wijaya mengatakan, jumlah angka kemiskinan di atas diprediksi masih akan meningkat, dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

"Jumlah itu (masyarakat hidup dalam kemiskinan) berdasarkan jumlah total masyarakat Lamteng sebanyak 1.290.406 jiwa, atau sebanyak 160 ribunya dalam garis kemiskinan," kata Yasir Wijaya, Selasa (22/9/2020).

Ia menambahkan, data jumlah masyarakat yang termasuk dalam kategori miskin yang dilakukan BPS, mengacu pada data konsumsi dan non konsumsi masyarakat.

"Data kemiskinan mengacu pada data konsumsi dan non konsumsi. Kemudian dikalkulasi ke dalam nilai rupiah, yakni pendapatan warga di bawah Rp 340 ribu per bulan dinyatakan miskin," jelas Yasir Wijaya.

Selain itu lanjut Yasir, bagi masyarakat yang menerima bantuan langsung tunai (BLT) dan penerima keluarga harapan (PKH) yang disalurkan pemerintah pusat, tidak masuk dalam kategori miskin.

Mahmud salah seorang warga Kecamatan Seputih Agung mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 saat ini sangat dirasakan olehnya.

Bahkan, pendapatannya yang tak menentu setiap hari makin sulit untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Sekarang ini makin sulit, mas. Kita kerja serabutan pendapatan hanya Rp 50 ribu paling banyak sehari, sekarang ini makin tak menentu (pendapatannya)."

Halaman
12
Penulis: syamsiralam
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved