Breaking News:

Pengukuhan 5 Pjs Bupati di Lampung

Pesan Bawaslu untuk Pjs Bupati di Lampung: Jangan Memihak Paslon Mana pun

Bawaslu Provinsi Lampung mengimbau seluruh pejabat sementara (Pjs) bupati supaya tidak berpihak kepada pasangan calon (paslon) mana pun.

Tribunlampung.co.id/Kiki
Komisioner Bawaslu Lampung Divisi Hukum Tamri. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bawaslu Provinsi Lampung mengimbau seluruh pejabat sementara (Pjs) bupati supaya tidak berpihak kepada pasangan calon (paslon) mana pun.

Komisioner Bawaslu Lampung Divisi Hukum Tamri mengatakan, peran Pjs bupati hanya fokus terhadap roda pemerintahan untuk turut menyukseskan pilkada di wilayahnya.

Sehingga, kata dia, Pjs bupati tidak boleh menaruh keberpihakan kepada paslon mana pun.

"Pelaksana tugas bupati itu fokus jalankan roda pemerintahan selama petahana cuti. Tugas mereka juga menyukseskan pilkada. Jadi tidak boleh berpihak," ungkap Tamri, Sabtu (26/9/2020).

Lebih lanjut Tamri menjelaskan, Pjs bupati yang merupakan kepala daerah saat ini pun tidak diperkenankan membuat keputusan atau kebijakan yang merugikan paslon.

Menurut Tamri, sesuai dengan Undang-undang Pemilu Nomor 10 Tahun 2016, gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, dan wali kota atau wakil wali kota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon pilkada.

5 Pjs Bupati di Lampung Dilantik, Puluhan Mobil Pelat Merah Berjejer di Depan Balai Keratun

Pjs Bupati Pesisir Barat Chrisna Putra Pastikan Jalankan Instruksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

"Jadi memang di Undang-undang 10 itu diatur, yang namanya kepala daerah tidak boleh membuat kebijakan yang bersifat merugikan atau menguntungkam paslon. Jika melanggara tentu bisa dipidana," papar Tamri.

Selain itu, Tamri juga mengimbau para Pjs bupati dapat menjaga netralitas ASN di wilayahnya masing-masing.

Sebab, jelas Tamri, netralitas ASN juga menjadi atensi tersendiri oleh Bawaslu dalam pengawasan.

"Mereka juga harus mampu dan bisa menjaga netralitas ASN. Karena ini menjadi atensi Bawaslu tentunya," tandas Tamri. (Tribunlapung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved