Breaking News:

Penanganan Covid

Bawaslu Kota Metro Imbau Setiap Paslon Patuhi Protokol Kesehatan saat Kampanye

Bawaslu Kota Metro meminta pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota mematuhi aturan protokol kesehatan pada setiap kegiatan kampanye.

Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
Ketua Bawaslu Kota Metro Mujib. Bawaslu Kota Metro Imbau Setiap Paslon Patuhi Protokol Kesehatan saat Kampanye. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Bawaslu Kota Metro meminta pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota mematuhi aturan protokol kesehatan pada setiap kegiatan Kampanye.

Ketua Bawaslu Metro Mujib mengatakan, protokol kesehatan dalam Pilkada 2020 wajib dan tidak ada tawar menawar. Selain telah diatur dalam PKPU 13 Tahun 2020,  seluruh paslon juga telah menyatakan kesiapan mematuhi.

"Dan kita sudah ada pokja untuk tertib protokol kesehatan. Itu terdiri dari forkompimda, Bawaslu, KPU, maupun satgas Covid-19. Memang sanksinya tidak sampai pada pembatalan calon, tapi kami (Bawaslu) siap merekomendasikan sanksi terberat," bebernya, Kamis (1/10/2020).

Kendati paslon yang melanggar aturan protokol kesehatan tidak didiskualifikasi, Bawaslu siap merekomendasikan sanksi terberat. Yakni penghentian dan pembubaran Kampanye sesuai Pasal 88 C PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang pilkada kala pandemi Covid-19. 

Selain itu, paslon juga bisa terkena larangan tidak boleh berkegiatan Kampanye selama tiga hari. Karenanya, Bawaslu meminta semua paslon dan tim sukses harus mampu berinovasi dan turut mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan  kesadaran tentang protokol kesehatan.

Di masa pandemi, terus Mujib, peserta pilkada harus pandai memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menyampaikan ide atau gagasan Kampanye. "Jika ada pelanggaran, kami akan merekomendasikan sanksi maksimal kepada KPU," bebernya.

Ia menambahkan, sampai dengan saat Bawaslu belum mendapat laporan adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan peserta pilkada. Karena itu, pihaknya juga minta masyarakat Metro untuk aktif terlibat memantau pelaksanaan Kampanye sesuai protokol kesehatan.

"Segera laporkan kami jika ada indikasi pelanggaran. Karena petugas kami terbatas, tentu kita butuh partisipasi warga. Pasti kita tindaklanjuti selama pelapor turut menunjukkan bukti. Apalagi masalah covid-19 ini kan masalah kita bersama," tuntasnya.

(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Catatan Redaksi:
Bersama lawan virus corona. Tribunlampung.co.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved