Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

KPK: Jangan Pilih Calon Kepala Daerah yang Tawarkan Uang

KPK kembali menyelenggarakan Program Pilkada Berintegritas dengan slogan 'Pilih yang Jujur, yang Jujur Dipilih' pada Pilkada Serentak 2020.

Dokumentasi
Plt Jubir Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Sulis Setia Markhamah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - KPK kembali menyelenggarakan Program Pilkada Berintegritas dengan slogan 'Pilih yang Jujur, yang Jujur Dipilih' pada Pilkada Serentak 2020.

Plt Jubir Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding mengungkapkan, memilih kepala daerah yang jujur menjadi bagian dari upaya pencegahan korupsi.

Beberapa bentuk program kegiatan yang dilakukan KPK terdiri dari webinar nasional dalam rangka menyosialisasikan nilai-nilai integritas pada proses pilkada, talkshow memilih calon kepala daerah, dan 9 seri kelas daring pembekalan untuk penyelenggara, peserta dan pemilih pada pemilu, dan deklarasi LHKPN bagi calon kepala daerah.

"Target program ini adalah 270 daerah peserta pilkada meliputi 9 provinsi, 37 kota dan 224 kabupaten," jelas Ipi dalam keterangan pers yang diterima Tribunlampung.co.id, Kamis (1/10/2020).

Melalui rangkaian webinar pembekalan dan kelas daring tersebut, KPK berharap dapat memberikan pemahaman khususnya bagi calon kepala daerah dan penyelenggara pilkada dalam memahami modus-modus korupsi dalam pilkada dan tata cara menanganinya.

Selain itu, setelah terpilih nanti diharapkan calon kepala daerah memahami persoalan pokok penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dari korupsi. 

ASN di Bandar Lampung Paling Rawan Tidak Netral, Lampung Timur Rawan Politik Uang

Bawaslu Bandar Lampung Imbau Media Tak Sebarkan Berita Hoaks

Program ini disusun sebagai jawaban atas upaya pencegahan korupsi politik.

Bagaimana pejabat publik yang dipilih melalui proses politik memanipulasi jabatan publik untuk keuntungan pribadi.

Sebagian besar pemilik kekuasaan tersebut alpa berpikir dan bertindak bagi kepentingan rakyat.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved