Breaking News:

Tribun Lampung Tengah

24 Sekolah di Lampung Tengah Ikut Sosialisasi Akreditasi oleh Dewan Pendidikan

Dewan Pendidikan Lampung Tengah menggelar sosialisasi akreditasi sekolah/madrasah, Minggu (11/10/2020).

Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam
Sosialisasi akreditasi sekolah/madrasah, digelar di SMKN 2 Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Minggu (11/10/2020). 24 Sekolah di Lampung Tengah Ikut Sosialisasi Akreditasi oleh Dewan Pendidikan. (Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Dewan Pendidikan Lampung Tengah menggelar sosialisasi akreditasi sekolah/madrasah, Minggu (11/10/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan di SMKN 2 Terbanggi Besar itu dikuti oleh 24 sekolah setingkat SMP dan SMA se-kabupaten itu.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pendidikan Lamteng, Mahfud Santoso menerangkan terkait pelaksanaan Instrumen Akreditas Satuan Pendidikan (IASP) tahun 2020.

Menurut Mahfud, teradapat perbedaan yang mendasar dengan instrumen akreditasi sebelumya. IASP tahun 2020 menurutnya jauh lebih komplek dibanding sebelumnya.

"Sebelumnya (IASP) berbasis kepada kecukupan/kesesuaian (compliance based). Sedang IASP 2020 ini berbasis kepada kinerja (performance based)," kata Mahfud Santoso, Minggu (11/10/2020).

Universitas Teknokrat Indonesia Raih Akreditasi Baik Sekali Pertama di Sumatera

Tahap II Penyaluran Kuota Internet Gratis untuk Siswa dan Guru di Lampung Tengah Akhir Oktober 2020

Tahun 2020 ini juga ujarnya, merupakan pertama kalinya akreditasi sekolah/madrasah dilakukan secara daring, hal itu dikarenakan kondisi Covid-19 yang sampai sekarang masih melanda Indonesia.

"Sesuai dengan pertimbangan di atas, bahwa Dewan Pendidikan Lampung Tengah sebagaimana salah satu fungsinya yaitu supporting dan mediatoring kepada Pemkab Lamteng, khususnya kepada Dinas Pendidikan/Kemenag dan Sekolah/Madrasah, Dewan Pendidikan memandang perlu untuk membantu melakukan sosialisasi tentang akreditasi," bebernya.

Sementara Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lamteng Adi Erlansyah menjelaskan, perencanaan,pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI) Dikdasmen dan SPME-Dikdasmen harus mengacu pada standar nasional pendidikan.

"Oleh karena itu, satuan pendidikan harus memiliki siklus kegiatan yang terstruktur dengan baik antara lain memetakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan," terang Adi Erlasnyah.

Sementara Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar Ali Rosad mengucapakan terimakasih karena Dewan Pendidikan Lamteng karena telah menggelar sosialisasi akreditasi/madrasah di tempatnya.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kadisdikbud Lampung Bapak Sulpakar, Pemkab Lamteng, BAN Lampung serta Dewan Pendidikan atas kepercayaan kepada SMKN 2 Terbanggi Besar. Kami siap memajukan agar pendidikan di Lampung Tengah lebih bermutu," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved