Breaking News:

Tribun Lampung Selatan

BPBD Lampung Selatan Imbau Warga Desa Jaga Kebersihan Lingkungan Jelang Musim Hujan

Memasuki musim hujan di akhir tahun, BPBD Lampung Selatan meminta kepada pihak desa bisa menggalakkan kebersihan lingkungan.

Dokumentasi Pribadi
M Darmawan, pelaksana kepala BPBD Lampung Selatan. BPBD Lampung Selatan Imbau Warga Desa Jaga Kebersihan Lingkungan Jelang Musim Hujan. 

Laporan Repoter Tribunlampung.co.id Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN – Memasuki musim hujan di akhir tahun, BPBD Lampung Selatan meminta kepada pihak desa bisa menggalakkan kebersihan lingkungan.

Terutama pada saluran air (sungai kecil).

Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan luapan air kala curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan banjir, karena adanya gangguan atau sumbatan pada aliran sungai.

“Kita mengimbau kepada pihak desa untuk bisa gotong royong membersihkan selokan dan sungai-sungai kecil yang jadi saluran air."

"Kalau ada rumput atau hal yang bisa menyumbat dibersihkan,” ujar M Darmawan pelaksana kepala BPBD Lampung Selatan, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: 216 Personel BPBD Bandar Lampung Siaga Selama Masa Pancaroba hingga Musim Hujan

Baca juga: Kopi Krakatoa Gunung Rajabasa Tetap Bertahan di Tengah Pandemi, Penjualan Turun Drastis Akibat PSBB

Terkait dengaan kesiapan tanggap bencana di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Darmawan mengatakan, beberapa waktu lalu telah ada pelatihan/sosialisasi terkait dengan hal tersebut.

“Karena penanganan bencana saat pandemi Covid-19 berbeda. Tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan potensi penyebaran covid-19,” kata M Darmawan.

Untuk di BPBD Lampung Selatan, lanjutnya, juga telah dilengkapi dengan APD (alat pelindung diri) bagi petugas rescue/tanggap bencana.

Untuk di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, menurut Darmawan, ada beberapa daerah yang masuk zona rawan banjir, terutama di saat musim hujan.

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved