Breaking News:

Lampung Target 5 Besar Lumbung Padi Nasional, Catatkan Kenaikan Produksi dan Luas Panen Tertinggi

Lampung menjadi provinsi dengan persentase kenaikan produksi padi dan luas panen tertinggi di antara provinsi lumbung pangan nasional lainnya.

ISTIMEWA
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tanpa sungkan dan tidak takut kotor, turun ke sawah dengan mengemudikan traktor diKecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (19/6/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menargetkan Lampung masuk 5 besar nasional sebagai provinsi penghasil produksi padi.

"Sekarang kita masih di urutan keenam di bawah Sumatera Selatan, mudah-mudahan tahun depan kita naik ke peringkat kelima," kata Arinal, Jumat (17/10) malam.

Urutan penghasil padi nasional di atas Lampung adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan.

Optimisme Arinal untuk naik ke peringkat kelima dilandasi oleh keberhasilan Lampung pada 2020 ini.

Yaitu, menjadi provinsi dengan persentase kenaikan produksi padi tertinggi di antara provinsi lumbung pangan nasional lainnya.

Baca juga: Gubernur Lampung Arinal: Kartu Petani Berjaya Solusi Permasalahan Ekonomi di Tengah Pandemi

Tak hanya itu, Lampung juga tercatat sebagai provinsi dengan pertambahan luas panen terbesar di antara provinsi lumbung pangan nasional lainnya.

Gubernur Arinal mengacu pada data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang luas panen dan produksi padi di Indonesia 2020.

Belum pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya Lampung mencatatkan kenaikan produksi padi dan luas panen tertinggi di antara provinsi lumbung pangan lainnya.

Gubernur Arinal mengatakan, keberhasilan yang diraih Lampung ini sangat relevan dengan kebijakan pemerintah pusat yang sedang menggenjot sektor pertanian untuk membentuk ketahanan pangan nasional dalam menghadapi Covid-19.

"Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah berkali-kali datang ke Lampung, ini pertanda Pak Menteri sangat perhatian dan menumpukan harapan pada Lampung, tak hanya untuk membangun ketahanan pangan di Lampung sendiri, tetapi juga berkontribusi untuk nasional," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Andi Asmadi
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved