Breaking News:

Bawaslu Diimbau Gunakan Analisa Sebelum Bertindak

Bawaslu Bandar Lampung diminta bekerja dengan menggunakan analisa demi profesionalitas dalam menyikapi dan menilai perilaku pasangan calon kada

grafis tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi Pilkada (grafis tribunlampung.co.id/dodi kurniawan) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Anggota Bawaslu Bandar Lampung diminta bekerja dengan menggunakan analisa demi profesionalitas dalam menyikapi dan menilai perilaku pasangan calon kepala daerah dan timnya di lapangan selama tahapan Pilkada Bandar Lampung 2020.

"Jangan sampai terjadi analisa yang tidak masuk akal dan bahkan diduga terkesan dipaksakan. Contohnya jika ada kejadian di pasar seorang calon kepala daerah membeli bahan makanan dan menyerahkan uang kepada pedagang saat meninjau pasar. Jangan langsung dinilai money politics, sementara ada ratusan orang yang ada di lokasi itu tidak menerima uang, dan hanya menerima alat peraga kampanye saja," kata Ketua Presidium KPKAD Gindha Ansori Wayka, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Bawaslu Bandar Lampung Tak Segan Tunda Debat Kandidat jika Langgar Protokol Kesehatan

Praktik seperti contoh di atas bisa menciderai tugas mulia, kewenangan dan kewajiban Bawaslu dalam hal pengawasan. Karena itu, menurut Gindha, lembaga Bawaslu harus mampu menggunakan analisa sebelum membuat keputusan bila menerima informasi dari masyarakat seputar praktik dugaan money politics seorang calon kepala daerah.

Bawaslu Bandar Lampung berdasarkan ketentuan UU No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang bertugas melaksanakan pengawasan dan pemantauan.

"Pengawasannya harus dilakukan secara profesional, dan bukan pengawasan yang diduga hanya mencari-cari kesalahan pasangan calon kepala daerah semata," kata Gindha.(Tribunlampung.co.id/Hanif Mustafa)

Penulis: hanif mustafa
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved