BNNP Lampung Gelar Talkshow Bahaya Narkoba ke Pelajar dan Mahasiswa

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menggelar talkshow pemahaman bahaya narkoba pada pelajar dan mahasiswa.

Istimewa
Ilustrasi - BNNP Lampung Gelar Talkshow Bahaya Narkoba ke Pelajar dan Mahasiswa. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung menggelar talkshow pemahaman bahaya narkoba pada pelajar dan mahasiswa.

Adapun tema talkshow yakni peran remaja milenial dalam diseminasi informasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Talkshow yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dan pelajar ini digelar di Kopi Ketje Pinehurst, selasa 27 oktober 2020.

Kepala Bidang P2M BNN Provinsi Lampung Ahmad Alamsyah mengatakan remaja hingga dewasa dengan rentan usia 19-35 tahun berpotensi menjadi pengguna narkoba.

"Pengguna narkoba dibawah umur 19 tahun ke bawah atau usia tua, cuma usia 19 tahun ke atas ini lebih punya akses karena mereka sudah dewasa dan secara financial bisa membeli, karena sudah berpenghasilan," ungkapnya.

Ahmad Alamsyah mengatakan, untuk itu peran remaja dan mahasiswa guna memutus mata rantai pengunaan narkoba sangat penting.

"Maka perlu diberi awarnes dan bahaya penggunaan narkoba, sehingga bisa melek informasi, dan mereka yang sosialisasi ke warga dan masyarakat, atau lingkungan keluarga yang paling dekat, jadi mereka bisa jadi garda terdepan dalam upaya P4GN," sebutnya.

Sementara Akademisi UBL Zainab Ompu Jainah mengatakan remaja merupakan sosok yang bisa mengakses informasi dari mana saja.

"Tidak semua remaja milenial dapat memilih dan memilah informasi, tergantung pada karakter lingkungan, dan penerimaan informasi yang disapat," kata penggiat anti narkoba ini

Lanjutnya faktor lainnya orang menggunakan narkoba yakni ingin coba-coba, dorongan pertemanan, dan faktor lainnya misalnya psikis di lingkungan keluarga.

"Jika pemuda bisa memilah informasi, maka benteng dia kuat untuk mencegah pengaruh tersebut," tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved