Breaking News:

Harga Singkong di Lampung Tengah Anjlok

Pandemi Covid-19 Turut Sebabkan Anjloknya Harga Singkong di Lampung Tengah

Para petani singkong di sejumlah kecamatan di Lampung Tengah, mengaku mengalami kerugian atas anjloknya harga singkong di kabupaten tersebut.

Penulis: syamsiralam | Editor: Noval Andriansyah
Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam
Ilustrasi - Petani singkong di Lampung Tengah. Pandemi Covid-19 Turut Sebabkan Anjloknya Harga Singkong di Lampung Tengah. (Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Sejumlah pengepul singkong di Lampung Tengah menyebut, turunnya harga singkong, juga dipengaruhi pandemi Covid-19, yang saat ini masih berlangsung.

Petani singkong di sejumlah kecamatan di Lampung Tengah, mengaku mengalami kerugian atas anjloknya harga singkong di kabupaten tersebut.

Santoso salah seorang pemilik lapak singkong mengungkapkan, faktor pandemi yang saat ini masih berlangsung, mengakibatkan produksi perusahaan juga menurun.

"Jadinya permintaan dari pabrik (pengolahan singkong menjadi tepung) juga menurun. Produksi pabrik tidak normal waktu sebelum pandemi Covid-19," jelas Santoso, Kamis.

Ia menambahkan, selain jumlah produksi pengolahan singkong yang turun, jumlah ekspor tepung singkong juga mengalami penurunan ke sejumlah negara di luar negeri.

Baca juga: VIDEO Petani Singkong di Lamteng Menjerit, Harga Anjlok hingga Rp 950 per Kg

Baca juga: VIDEO Polsek Way Pengubuan Berhasil Tangkap Pelaku Pembobolan Rumah di Lampung Tengah

"Penerimaan (panen singkong) kami saja di lapak mengalami penurunan dari petani."

"Mungkin sebagian petani enggan menjual dan sebagiannya lagi mengganti tumbuhan di lahan mereka dengan komoditi lainnya," ujar Santoso.

Potongan Besar

Selain faktor anjloknya harga singkong di pasaran, faktor lain yang membuat petani singkong merugi adalah karena besarnya potongan yang diberlakukan pengepul dan perusahaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved