Breaking News:

907 Pasien Diabetes di Indonesia, 70 Persen Alami Komplikasi

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita diabetes adalah kondisi komplikasi diabetes.

Dokumentasi
907 Pasien Diabetes di Indonesia, 70 Persen Alami Komplikasi 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Tropicana Slim mengadakan kampanye #Hands4Diabetes2020 Online Festival tanggal 6-8 November 2020, dengan mengangkat tema Nurshing Yourself & Diabetes at Home, dalam rangka World Diabetes Day 2020.

Kampanye tersebut bertujuan mengedukasi dan memberdayakan setiap masyarakat untuk mencegah diabetes dari rumah, baik untuk diri sendiri, merawat diri bagi yang diabetes, serta membantu merawat anggota keluarga yang diabetes

Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD mengatakan, diabetes memang masih menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat.

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita diabetes adalah kondisi komplikasi diabetes.

Sebab komplikasi pada penderita diabetes dapat menyebabkan pendeknya rentang hidup, keterbatasan diri, serta meningkatnya beban ekonomi bagi pasien dan keluarganya, sehingga sangat mempengaruhi terhadap penurunan kualitas hidup penderita bila tidak diatasi dengan baik.

Baca juga: Tropicana Slim Ajak Keluarga Indonesia Mencegah dan Melawan Diabetes dari Rumah

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Sabtu 7 November 2020, Simak Harga Beli Logam Mulia dan Harga Jual Logam Mulia

Sayangnya, berdasarkan sebuah penelitian terhadap 907 orang pasien diabetes di Indonesia (dari rumah sakit di daerah Jawa dan Sulawesi), 70% pasien dilaporkan menderita komplikasi diabetes.

“Diabetes memang merupakan penyakit serius yang tidak dapat disembuhkan. Kabar baiknya, diabetes dapat dikendalikan agar tidak menyebabkan komplikasi," kata dr Dante dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/11/2020)

Inilah mengapa, penting agar anggota keluarga punya pemahaman yang tepat tentang diabetes dan cara mengontrol kadar gula darah, baik bagi diri mereka maupun anggota keluarga mereka yang menderita diabetes.

Kondisi kadar gula darah yang terkontrol bermanfaat bagi penderita diabetes agar dapat merasa lebih baik, misalnya membuat merasa lebih berenergi, serta lebih jarang mengalami kondisi infeksi.

Halaman
12
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved