Breaking News:

Pilkada 2020 di Lampung

Bawaslu Lampung Sebut 12.432 APK Paslon Pilkada 2020 Ditertibkan hingga 9 November

Ada 12.432 APK yang ditertibkan akibat melanggar prosedur hingga 9 November 2020, berupa baliho, umbul-umbul, spanduk, banner, pamflet.

Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar. Bawaslu Lampung Sebut 12.432 APK Paslon Pilkada 2020 Ditertibkan hingga 9 November. (Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sampai saat ini Bawaslu Lampung masih terus menertibkan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon kepala daerah yang tidak sesuai zona dan penempatan.

Sedikitnya, ada 12.432 APK yang ditertibkan akibat melanggar prosedur hingga 9 November 2020, berupa baliho, umbul-umbul, spanduk, banner, pamflet dan tanda gambar calon.

Adapun penertiban APK tersebut ditempatkan di lokasi-lokasi yang dilarang seperti fasilitas umum, perkantoran, rumah ibadah, sekolah dan di pohon pinggir jalan.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar mengatakan, jajaran pengawas pemilu di kabupaten/kota telah berkoordinasi dan melayangkan surat penertiban kepada Satpol PP, tim pemenangan dan stakeholder setempat untuk menertibkan APK tersebut.

"Namun, tim pemenangan calon kepala daerah sering tidak mengindahkan surat tersebut sehingga tidak menertibkan sendiri APK yang terpasang tidak pada tempatnya, maka kota tertibkan paksa,” kata Iskardo di Bandar Lampung, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Hari Pahlawan 2020, Ketua Bawaslu Lampung Bicara Kesetaraan Perempuan

Baca juga: Bawaslu Lampung Minta Paslon yang Lakukan Kampanye Tatap Muka Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Iskardo, eskalasi jumlah kampanye tatap muka dan penyebaran APK akan semakin massif mendekati masa berakhirnya kampanye pada 5 Desember 2020. 

Sehingga, pihaknya memerintahkan jajaran pengawas pemilu tetap melakukan pengawasan terhadap pergerakan kampanye tim pemenangan masing-masing pasangan calon.

"Kami akan melakukan supervisi melekat terhadap kerja-kerja jajaran pengawas pemilu di kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada 2020," ujar Iskardo P Panggar.

(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved