Breaking News:

Tribun Bandar Lampung

Rumah Kreasi Indonesia Gelar Webinar Manfaaf Bantuan Sosial Tunai Bagi Warga Terdampak Covid 19

Sejak ditetapkannya Covid 19 sebagai bencana non-alam pada bulan Maret 2020 lalu, Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan berbagai

ist
Sejak ditetapkannya Covid 19 sebagai bencana non-alam pada bulan Maret 2020 lalu, Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi bencana nasional yang terdampat pada berbagai aspek, termasuk aspek ekonomi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, - Sejak ditetapkannya Covid 19 sebagai bencana non-alam pada bulan Maret 2020 lalu, Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi bencana nasional yang terdampat pada berbagai aspek, termasuk aspek ekonomi.

Dampak covid 19 pada aspek ekonomi tersebut seperti terhambatnya kegiatan perekonomian masyarakat, adanya pengurangan karyawan oleh perusahaan diberbagi daerah yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan salah satunya ialah adanya Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui Kementerian Sosial RI kepada masyarakat di Indonesia yang terdampak Covid 19 termasuk di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Bapak Drs. Aswarodi, M.Si menyakatan, hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebayak 330.007 kepala keluarga yang dibagi ke 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung, kepada Keluarga Penerima Manfaat termasuk disabilitas dan lansia. Data tersebut bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non-DTKS milik Pusdatin Kementerian Sosial RI.”

Pihaknya menambahkan, “adapun persyaratan masyarakat penerima BST ini ialah masyarakat pra-sejahtera (miskin) yang terdaftar di DTSK, masyarakat yang tidak menerima Bantuan PKH, BPNT/Sembako, Prakerja, BLT DD, dan bantuan lainnya yang bersumber dari pemerintah, dan masyarakat lainnya yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19 dan tidak terdaftar di DTKS (Non-DTKS).

Dalam mengakselerasi penyaluran BST, Kemensos RI bekerjasama dengan Himbara dan PT Pos Indonesia agar bantuan tersebut diterima oleh KPM BST dengan cepat, efektif, dan efesien.

Dalam mendukung dan menyalurkan program BST ini, kami melakukan berbagai upaya yakni membuat jadwal penyaluran yang kami sesuaikan mulai dari tingkat kecamatan hingga RT, bahkan kami melakukan penyaluran di luar kantor dan hari libur kerja.

Selain itu, kami juga menyalurkan secara door to door kepada KPM BST yang tidak bisa datang ke kantor karena alasan tertentu seperti lansia, sakit keras, dan disabilitas.

Ujar Ibu Yesi Agustiansi, S.E, Kepala Kantor POS Bandar Lampung salah satu Narasumber dalam webinar tersebut.

Sedangkan untuk daerah terpencil, terdepan, dan tertinggal (3T), pembayaran dilakukan 3 tahap sekaligus agar penerimaan manfaat BST lebih efektif sehingga KPM BST tidak mengeluarkan biaya tambahan perbulannya ketika akan mengambil bantuannya.

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved