Tribun Bandar Lampung

Yusuf Kohar Resmi Jadi Bagian Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung

M Yusuf Kohar resmi menjadi bagian keluarga besar Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung.

Tribunlampung.co.id/Deni Saputra
Raja Skala Bghak dari Buay Belunguh, Pun Yanwar, menyematkan pin sebagai tanda Yusuf Kohar resmi jadi keluarga Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak di Lamban Gedung Kuning, Bandar Lampung, Minggu (29/11/2020). 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - M Yusuf Kohar resmi menjadi bagian keluarga besar Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung.

Dia menerima gelar Raja Memerintah Mangkunegara dari Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung.

Gelar itu langsung diberikan oleh Raja Skala Bghak dari Buay Belunguh, Pun Yanwar atau yang bergelar Sultan Junjungan Sakti Yang Dipertuan ke-27, dalam acara Seangkonan Semuaghian.

Acara itu dihadiri oleh keluarga besar kerajaan di Lamban Gedung Kuning, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Minggu (29/11/2020).

Perdana Menteri Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung, Dang Gusti Ike Edwin atau yang bergelar Gusti Batin Raja Mangkunegara, membacakan pidato dari sang raja.

Dang Gusti mengatakan, penyematan gelar tersebut menandakan bahwa Yusuf Kohar telah sah menjadi bagian dari keluarga besar Kerajaan Skala Bghak Lampung.

Baca juga: Bawaslu Bandar Lampung Beberkan Penyumbang Dana Kampanye ke Rycko Menoza dan Yusuf Kohar

Baca juga: Pernikahan Nikita Willy Ditunda padahal Sudah Foto Prewed Adat Lampung

"Hari ini Kiyay Yusuf Kohar telah disematkan gelar bangsawan besar yang diberikan langsung oleh Sultan Pangeran Junjungan Sakti Yang Dipertuan ke-27 dari Kepaksian Belunguh Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak," kata Dang Gusti Ike Edwin.

Sebagai bagian dari keluarga besar Kerajaan Paksi Pak Skala Bghak Lampung, Yusuf Kohar diharapkan mampu mendedikasikan dirinya untuk kemaslahatan masyarakat.

"Gelar Kiyay Yusuf Kohar ini sama dengan saya. Saya Raja Gusti Batin Mangkunegara. Itu gelar dari ayah saya," ucap mantan Kapolda Lampung ini.

Dang Gusti Ike Edwin menjelaskan, gelar yang diberikan disesuaikan dengan tupoksi atau jabatan yang sedang diemban oleh seseorang.

Dia mengatakan, Yusuf Kohar pernah menjabat wakil wali kota Bandar Lampung.

Menurutnya, gelar Yusuf Kohar ini amat berat.

"Gelar ini berat, Mangkunegara itu sama dengan memangku bumi," ucap Dang Gusti Ike Edwin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved