Breaking News:

Tribun Way Kanan

Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Rakor Dilkumjakpol, Farid: Hilangkan Ego Sektoral Lembaga

rakor Dilkumjakpol ini diselenggarakan dan menyatukan semua unsur lembaga penegakan hukum agar tidak ada lembaga yang bersifat parsial

Dokumentasi Lapas
Rapat koordinasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Polisi (Dilkumjakpol) oleh Kanwilkumham. Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Rakor Dilkumjakpol, Farid: Hilangkan Ego Sektoral Lembaga 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, WAYKANAN - Kepala Divis Pemasyarakatan Kantor Wilayah kemenkumham Lampung, Farid Junaidi menyatakan jika rapat koordinasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Polisi (Dilkumjakpol) adalah upaya untuk mensinergikan lembaga penegakan hukum di propinsi Lampung. 

“Rakor Forum Dilkumjakpol  sebagai upaya dalam mensinergikan empat lembaga penegakan hukum," ujarnya saat pembukaan Rakor Dilkumjakpol di Krui, Pesisir Barat, Lampung, Rabu, 2/12/202020.

Farid mengatakan bahwa saat ini persoalan mendasar yang masih menjadi kendala dalam upaya penegakan hukum di Indonesia adalah praktek penyelenggaraan hukum yang belum mencerminkan keterpaduan antarinstitusi penegak hukum.

Karenanya, rakor Dilkumjakpol ini diselenggarakan dan menyatukan semua unsur lembaga penegakan hukum agar tidak ada lembaga yang bersifat parsial, membawa ego sektoral dan sikap arogansi oknum dari masing-masing institusi penegak hukum.

"Tidak ada Ego Sektoral lembaga, mampu bersinergi. Sehingga pelaksanaan penegakan hukum dapat dilakukan secara terpadu," katanya.

Baca juga: Kapolres Tegaskan Polri Harus Netral dan Patuhi Protokol Kesehatan dalam Pilkada Way Kanan 2020

Baca juga: Kepala BPKP Kunjungi Pemkab Way Kanan, Pjs Bupati: BPKP Dapat Terus Beri Pendampingan

Baca juga: Chord Gitar Lagu Everything I Wanted Billie Eilish, Lirik Lagu Everything I Wanted

Dalam rapat koordinasi ini dihadiri seluruh Kalapas, Karutan, Kabapas dan Karupbasan se- Propinsi Lampung, Unsur pemkab, kejari, pengadilan negeri, kepolisian pesisir barat. 

Sementara, sebagai peserta Kepala Lapas Kelas IIB Way Kanan, Syarpani mengatakan bahwa rapat koordinasi digelar dalam rangka mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi pelaksanaan penegakan hukum san solusi didalam memecahkan persoalan agar tercipta keterpaduan diantara sesama institusi penegak hukum. 

"Rapat Koordinasi Dilkumjakpol ini diharapkan memberikan penguatan untuk membangun komitmen bersama dalam melaksanakan segala peraturan yang berlaku dan bentuk kesepahaman peraturan bersama yang selama ini telah disepakati antarpenegak hukum," katanya.

Maksud diselenggarakannya Kegiatan Rapat Kerja Forum DILKUMJAKPOL Tahun 2020 ini adalah untuk mendapatkan masukan secara komperhensif dalam rangka perbaikan ketatalaksanaan penyelesaian permasalahan perkara tindak pidana serta mengoptimalkan peran lembaga penegak hukum lainnya dalam upaya mewujudkan program revitalisasi dan reformasi hukum berdasarkan nawacita.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Rapat Kerja Forum DILKUMJAKPOL Tahun 2020 ini adalah sebagai sarana untuk saling bersinergi antar aparatur penegak hukum di tingkat wilayah maupun tingkat pusat dalam meng-explore permasalahan-permasalahan dan melakukan evaluasi terhadap upaya yang  telah  dilakukan serta mencari solusi atas permasalahan tersebut

Hasil dari pelaksanaan kegiatan Rapat Forum DILKUMJAKPOL Tahun 2020 ini tidak hanya sebatas dokumen inventaris masalah tapi lebih ditekankan pada penyelesaiaan masalah riil di lapangan sehingga sinergitas dan harmonisasi antar penegak hukum dan instansi lain yang terkiat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan menjadi semakin seiring dan sejalan sehingga tercipta keadilan dan kepastian hukum. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved