Breaking News:

Tribun Tulangbawang Barat

Ratusan Hektare Lahan Singkong di Penumangan Tubaba Terendam Banjir

Sekitar 150 hektare lahan pertanian yang mayoritas ditanami tanaman singkong di Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah,

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
surya.co.id
ILUSTRASI - Banjir Lahar Panas Gunung Semeru Penambang Pasir di Lumajang Lari Selamatkan Diri 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Sekitar 150 hektare lahan pertanian yang mayoritas ditanami tanaman singkong di Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terendam banjir.

Ini disebabkan meluapnya air Sungai Way kiri akibat debit air yang terus meningkat. Edi Irawan, warga setempat, mengatakan, lahan pertanian yang terendam banjir sekitar 150 hektare.

"Semuanya memang ditanami singkong. Sekitar 60 persen dipastikan gagal panen, sedangkan sisanya masih bisa dipaksakan panen walaupun harus susah payah,"ungkap Edi Irawan, Senin (21/12) siang.

Baca juga: Warga Bantaran Sungai di Bandar Lampung Rentan Kebanjiran

Kondisi tersebut, lanjutnya, sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Diperkirakan banjir akan terus meluas jika melihat intensitas curah hujan terus meningkat belakangan ini.

Menurut Edi, tingginya curah hujan akhir-akhir ini, membuat luapan air sangat cepat menyebar dan menggenangi areal pertanian. "Ada yang sampai tanaman singkongnya sudah tidak kelihatan karena tertutup air," ungkapnya.

Dengan kondisi seperti ini, para petani sudah sulit untuk menyelamatkan hasil perkebunannya. Apalagi, kata Edi, singkong yang mereka tanam masih muda, berumur sekitar 3-5 bulan.

Baca juga: BPBD Petakan 9 Daerah Rawan Banjir di Bandar Lampung

Meski begitu, kata dia, sejumlah petani tetap ada yang nekat memanen singkong miliknya walau dalam kondisi banjir.

"Ya, panen seadanya yang masih bisa diselamatkan, itu pun harus menggunakan perahu untuk mengangkut hasil panennya. Jadi, memang harus gerak cepat, kalau tidak maka singkongnya terlanjur busuk karena terendam air," tandasnya.

Diketahui, terdapat 11 tiyuh tua di Kabupaten Tubaba yang berada di bantaran sungai. (end)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved