Breaking News:

Universitas Lampung

Pastikan Akses Terbuka Luas, Universitas Lampung Gelar Webinar Sosialisasi PMB

Pastikan akses terbuka luas bagi masyarakat, Universitas Lampung (Unila) melalui Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) gelar Webinar Onlin

ist
Pastikan akses terbuka luas bagi masyarakat, Universitas Lampung (Unila) melalui Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) gelar Webinar Online Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021, Selasa, 26 Januari 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BADNAR LAMPUNG - Pastikan akses terbuka luas bagi masyarakat, Universitas Lampung (Unila) melalui Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) gelar Webinar Online Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021, Selasa, 26 Januari 2021.

Webinar yang disiarkan langsung di kanal Youtube dan Zoom ini menampilkan beberapa narasumber yakni, Ketua BPPMB Unila Dr. Eng. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., yang menyosialisasikan Jalur PMB Unila.

Koordinator Humas BPPMB Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., mengulas Pendaftaran SNMPTN, Pelaksanaan UTBK-SBMPTN oleh Dr. Muhamad Irsyad, S.T., M.T., serta Pendaftaran Simanila oleh Sekretaris BPPMB Unila Ing. Hery Dian Septama, S.T.

Webinar diikuti para kepala sekolah, guru, siswa, serta orang tua/wali murid berasal dari dalam dan luar Provinsi Lampung seperti Jambi, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Riau.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., saat membuka kegiatan menjelaskan, sistem dan teknis penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru yang selalu diperbarui diharapkan bisa meningkatkan kualitas mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai visi presiden yakni meningkatkan mutu sumber daya manusia sehingga bangsa Indonesia mampu bersaing dalam hal penguasaan ilmu dan teknologi.

Pada tahun 2021 ini, seluruh universitas negeri merancang seleksi penerimaan mahasiswa melalui berbagai jalur masuk di antaranya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Di Unila sendiri, jalur penerimaan SNMPTN pada tahun 2020 cukup diminati. Begitu pula jalur SBMPTN, seleksi mandiri, jalur khusus prestasi, dan program Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP).

Menurut Prof. Heryandi, Universitas Lampung membuka jalur khusus PMPAP karena memang visi pendidikan harus mampu mendekatkan dunia pendidikan dengan seluruh masyarakat. Oleh karena itu akses layanan pendidikan harus dibuka seluas-luasnya.

Bagi warga negara yang dianggap kurang mampu membiayai perkuliahan, maka Unila memberi kesempatan untuk masuk melalui program PMPAP. “Artinya uang kuliahnya ditanggung Unila.

Ini salah satu bentuk bahwa untuk berkuliah di Unila bukan hanya orang yang mampu membayar, tapi juga tidak mampu,” ujarnya.

Di samping itu, masih ada program prestasi khusus baik bidang akademik, keagamaan, dan olah raga sehingga semua persoalan terkait bagaimana meningkatkan mutu anak bangsa bisa dilakukan.

Maka itu berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat terutama siswa akan didiskusikan dan disosialisasikan lewat kegiatan ini sehingga, komitmen untuk melaksanakan seleksi mahasiswa baru mengacu pada prinsip keadilan, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel, bisa diwujudkan.

“Jangan sampai ada sekat-sekat informasi sehingga membuat siswa enggan mendaftar di perguruan tinggi,” ujarnya.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved