Breaking News:

Tribun Lampung Tengah

Putus Rantai Covid, Jamaah Masjid Istiqlal Bandar Jaya Lamteng Diminta Terapkan Prokes

pengurus Masjid Istiqlal Bandar Jaya diminta untuk mengimbau jamaah salat menggunakan masker dan menjaga jarak.

Tribun Lampung/Syamsir Alam
Sekkab Lamteng Nirlan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Tengah, Nirlan, mengajak pengurus Masjid Istiqlal Bandar Jaya, untuk mengimbau jamaah salat menggunakan masker dan menjaga jarak.

Menurut Nirlan, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, khusunya di lingkungan masjid terbesar di Kabupaten Lampung Tengah itu.

"Kami meminta kepada pengurus Masjid Agung Istiqlal Bandar Jaya untuk menerapkan protokol kesehatan, dan mengimbau kepada para jamaah yang akan melaksanakan salat di masjid ini agar menggunakan masker dan menjaga jarak atau shaf salat," kata Nirlan, Rabu (10/2/2021).

Nirlan menambahkan, langkah di atas bertujuan untuk menghindari menyebarnya wabah virus corona, mengingat saat ini banyak warga yang terpapar virus corona dari orang tanpa Gejala (OTG).

Sekkab Nirlan Minta ASN Lamteng Prioritaskan Pelayanan

"Bila warga yang fisik atau imun tubuhnya kuat tentu akan akan aman, namun bagi warga yang imun atau kondisi badannya tidak kuat, maka dengan mudah virus corona akan berjangkit di tubuhnya," sebut Nirlan.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jamaah agar penerapan protokol kesehatan harus ditegakkan. Namun apabila hal itu diabaikan, Nirlan khawatir akan banyak jamaah yang terpapar virus Corona bila tidak mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Masjid Istiqlal Bandar Jaya, ia juga mengimbau karpet permanen untuk tidak dulu digunakan sebagai sajadah.

"Saya melihat kita masih menggunakan karpet yang permanen, dan tidak ada pembatas antara jemah satu dengan yang lainnya atau shaf. Itu bisa menjadi salah satu penyebab jarak antar jemaah tidak terjaga," imbuhnya.

Sekkab Lamteng Nirlan Imbau Pegawai Bappeda Tingkatkan Kinerja

Menurutnya, salah satu upaya pemerintah daerah dalam memerangi Covid-19, adalah dengan memberikan imbauan langsung di semua tempat yang dianggap bisa menjadi tempat berkumpul warga.

Saat ini menurut Sekkab, warga Lamteng yang terpapar virus corona sudah mencapai 1.400 orang lebih, bahkan hampir 20 orang setiap harinya harus dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Demang Sepulau Raya dan rumah sakit swasta lainnya di kabupaten itu.

Untuk membantu pencegahan Covid-19 di lingkungan Masjid Istiqlal Bandar Jaya, Nirlan juga memberikan bantuan kepada pengurus masjid, untuk mengganti karpet yang terbuat dari bahan kain yang ada saat ini dan memberi tanda pembatas atau shaf bagi jemaah.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved