Breaking News:

Tulangbawang Barat

Jumat Besok Pemkab Tubaba Gelar Aksi Ambil Sampah Serentak

Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) akan menggelar aksi "Clean Up Day" atau gerakan ambil dan pilah sampah di tempat aktif masing-masing

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
TRIBUN LAMPUNG/ENDRA ZULKARNAIN
ILUSTRASI - Bupati Tubaba Umar Ahmad menyapa dan bergurau dengan anak-anak penyandang disabilitas pada cara Peringatan Hari Disabilitas Internasional berlangsung di Sesat Agung, Panaragan Jaya, Senin (2/12). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) akan menggelar aksi "Clean Up Day" atau gerakan ambil dan pilah sampah di tempat aktif masing-masing pada Jumat (05/03) mendatang.

Gerakan ambil sampah ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021.

Bupati Tubaba Umar Ahmad telah mengeluarkan surat bernomor 660/059/II.11/Tubaba/2021 tentang aksi hari peduli sampah nasional 2021.

Surat tersebut ditujukan kepada seluruh OPD Pemkab Tubaba dan masyarakat diwilayah setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tubaba, Firmansyah, mengatakan, selama hari satu hari pada Jumat mendatang, Pemkab Tubaba akan menggelar aksi peduli sampah secara serentak di seluruh wilayah Tubaba.

"Gerakan peduli sampah ini dimulai dari lingkungan OPD, Fasilitas Kesehatan, Kecamatan, Sekolah, Tiyuh, dan perusahaan, serta organisasi kemasyarakatan di Tubaba," ungkap Firmansyah, Selasa (2/3).

Baca juga: Sampah Memiliki Nilai Ekonomi di Tengah Pandemi Melalui 3R

Surat edaran tentang hari peduli sampah itu, kata Firmansyah, telah disebat ke setiap OPD, fasilitas kesehatan, sekolah-sekolah, para camat sampai dengan tiyuh, organisasi masyarakat, dan perusahaan.

Gerakan ini, kata Firmansyah, sebagai bentuk kepeduliaan masyarakat dalam pengelolaan sampah dilingkungan sekitar.

"Melalui pengelolaan sampah ini juga bisa mendorong peningkatan ekonomi," ungkapnya.

Dalam aksi itu, nantinya setiap instansi untuk dapat memilah sampah non organik (plastik) dan organik.

Sampah tersebut nantinya akan ditimbang dan hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati melalui Dinas Lingkungan Hidup.

"Sampah yang dihasilkan itu nanti di upload dan di dokumentasikan ke media sosial melalui Instragram, Facebook Dinas Lingkungan Hidup Tubaba, dan media sosial masing-masing," paparnya.

Selain turun langsung ke lapangan, aksi ambil sampah juga ditayangkan secara virtual di Komplels Islamic Centre Tubaba pada Jumat 5 Maret dimulai sekitar pukul 08.00-09.00 WIB.
(end)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved