Breaking News:

Lampung Tengah

Pengusaha Tapioka Lampung Tengah Usulkan Petani Tanam Singkong Jenis Kaisar

Sebanyak 27 pengusaha tapioka di kabupaten itu mengimbau petani untuk menanam singkong jenis kaisar.

Tribunlampung.co.id/Syamsir
Bupati Musa Ahmad bertemu dengan pengusaha tapioka. Pengusaha Tapioka Lampung Tengah Usulkan Petani Tanam Singkong Jenis Kaisar 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNGTENGAH - Lakukan audiensi dengan Bupati Musa Ahmad di Nuwo Balak, Senin (8/3/2021), sebanyak 27 pengusaha tapioka di kabupaten itu mengimbau petani untuk menanam singkong jenis kaisar.

Alasannya, singkong kaisar mempunyai nilai jual yang lebih tinggi, serta mempunyai hasil tanaman yang bagus untuk bibit.

Agus salah satu pengusaha tapioka mengatakan, selama ini petani singkong di Lampung Tengah banyak menanam jenis umbi kayu jenis Thailand.

"Kami memberi masukan kepada pemerintah daerah, supaya dapat memberikan imbauan kepada petani menanam singkong jenis kaisar daripada jenis Thailand," kata Agus.

Ia menambahkan, singkong jenis Thailand memiliki banyak kandungan air, serta harganya lebih murah jika dibandingkan singkong kaisar yang memiliki harga jual lebih tinggi.

"Kalau singkong Thailand perkilogram Rp 800 sampai Rp 900. Kalau jenis kaisar bisa di kisaran Rp 1.000 hingga Rp 1.1000 perkilogram," sebutnya.

Supardi salah satu pengusaha tapioka lainnya, mengajak dinas terkait untuk dapat mensosialisasikan jenis singkong yang baik ke petani, sehingga harga komoditas tersebut dapat kembali normal.

"Supaya dapat disosialisasikan ke petani, kami juga tidak ingin harga singkong ini terus anjlok, dan dampaknya pada hasil produksi tapioka kami," bebernya.

Bupati Musa Ahmad dalam arahannya, mengapresiasi atas usulan yang disampaikan oleh para pengusaha tapioka

Musa Ahmad mengatakan, dirinya sangat fokus terhadap bidang pertanian karena perekonomian Lampung Tengah bertumpu pada bidang pertanian.  

Bupati juga mengatakan, akan terus mengupayakan yang terbaik sehingga bidang pertanian khusus nya petani singkong bisa sejahtera. 

"Kita harus bekerja sama semua elemen, tidak bisa hanya satu pihak saja. Saya akan upayakan yang terbaik untuk memajukan pertanian di Lampung Tengah tentu juga dengan kerjasama semua pihak," ujar Musa Ahmad.

Ia yakin, dengan membaiknya sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi pendapatan utama Lamteng, tujuan menjadikan Lamteng kabupaten terbaik di Provinsi Lampung dapat segera diwujudkan.

( Tribunlampung.co.id / Syamsir Alam )

Penulis: syamsiralam
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved