Breaking News:

Tanggamus

Tanggamus Terima Hak Paten Seni Belah Ketupat, Festival Teluk Semaka dan Pincak Khakot

Pemkab Tanggamus mendaftarkan dua kesenian dan satu agenda kebudayaan daerah sebagai Kekayaan Intelektual Komunal, Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Dokumentasi
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menerima hak paten Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) untuk Belah Ketupat, Festival Teluk Semaka dan Pincak Khakot. Tanggamus Terima Hak Paten Seni Belah Ketupat, Festival Teluk Semaka dan Pincak Khakot 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Pemkab Tanggamus mendaftarkan dua kesenian dan satu agenda kebudayaan daerah sebagai Kekayaan Intelektual Komunal, Kementerian Hukum dan HAM RI. 

Ketiganya yakni dekorasi Belah Ketupat yang masuk ke seni rupa, Festival Teluk Semaka (kegiatan festival), dan Pincak Khakot (seni gerak dan olahraga).

Ketiganya didaftarkan untuk mendapatkan hak paten menjamin pertumbuhan dan perlindungan terhadap inovasi masyarakat.

Dan kini ketiganya sudah diakui sebagai hak milik Kabupaten Tanggamus. 

Pemberian hak paten tersebut diberikan Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Lampung Danan Purnomo kepada Bupati Tanggamus Dewi Handajani sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK). 

Menurut Danan Purnomo, Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal menjadi penting karena dapat melindungi hak masyarakat adat.

Dan sebagai penentu, pemilik atau yang memiliki hak ekonomi dan moral atas Kekayaan Intelektual Komunal tersebut.

"Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) tidak dapat dilepaskan dari ruang lingkup wilayah geografis penyebaran KIK itu sendiri," kata Danan.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani, bersyukurnya karena Kabupaten Tanggamus telah menerima Surat Pencatatan Inventarisasi KIK dari Kemenkum HAM RI untuk tiga karya dan kegiatan budaya tersebut. 

"Ini suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri, khususnya bagi masyarakat Tanggamus. Dan kami mengapresiasi adanya pencatatan inventarisasi KIK ini. Hal ini menambah semangat dan memberikan kepastian hukum," terang Dewi.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved