Breaking News:

Lampung Selatan

8% Dana Desa di Lampung Selatan Dialokasikan untuk Penanganan Covid

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Lamsel M. Darmawan mengatakan, langkah pengetatan akan dijalankan Satgas Covid-19 tingkat Desa.

ist
ILUSTRASI - Babinsa Koramil 410-04/TKT Kodim 0410/KBL Sertu Tarmidi yang tergabung dalam Tim 4 Satgas Covid-19 Kota Bandar Lampung menyambangi perkampungan warga. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Upaya penanganan pandemi Covid-19 di Lampung Selatan terus ditingkatkan. Meski saat ini masih ada laporan perkembangan kasus baru, namun telah mengalami penurunan signifikan.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, M. Darmawan mengatakan, langkah pengetatan akan dijalankan Satgas Covid-19 tingkat Desa.

Desa sejauh ini akan mengalokasikan sekitar 8 persen dari Dana Desa (DD) untuk penangaan pandemi Covid-19 di luar program bantuan tunai bagi warga terdampak pandemi.

Baca juga: Plh Bupati Pesisir Barat Hadiri Rapat Evaluasi Satgas Covid 19 Tingkat Kecamatan dan Pekon

"Alokasi ini untuk mendukung kesiapan desa. Seperti melengkapi sarana dan prasarana bagi desa tangguh nusantara," ujarnya, Senin (22/3) sore.

Sementara di kabupaten, lanjut Darmawan, pemkab juga akan mengalokasikan anggaran 8 persen dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) untuk penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: Satgas Covid-19 Lampung Tengah Gelar Operasi Yustisi Penegakan Perda

Ia mengatakan, pemerintah daerah juga akan mengoptimalkan kegiatan vaksinasi Covid-19, sesuai dengan program pemerintah pusat.

"Untuk vaksin Covid-19 kita akan optimalkan. Begitu juga dengan penanganan lainnya," ujar dirinya.

Terus menurunnya angka kasus baru pandemi Covid-19 saat ini diharapkan akan terus berlanjut. Kesadaran masyarakat soal protokol kesehatan pun diharapkan terus membaik.

Sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan lebih baik. "Harapan kita aktivitas masyarakat dapat terus berangsur normal," kata Darmawan. (ded)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved