Breaking News:

UM Metro

Sambut Program Holistik Bina Desa, UM Metro Gelar Workshop bagi Mahasiswa

Usai mengikuti sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diinisiasi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud

ist
Usai mengikuti sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diinisiasi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud RI pada 22-24 Februari 2021 lalu, Universitas Muhammadiyah (UM) Metro langsung menindaklanjuti program ini. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Usai mengikuti sosialisasi Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diinisiasi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud RI pada 22-24 Februari 2021 lalu, Universitas Muhammadiyah (UM) Metro langsung menindaklanjuti program ini.

Hal yang pertama dilakukan adalah menggelar Workshop PHP2D yang ditujukan bagi mahasiswa yang berafiliasi atas nama UKM, Koorkom IMM, PK IMM, dan HMPS di lingkungan UM Metro, Jum’at (19/03/2021).

Drs. Anak Agung Oka, M.Pd. yang menjadi Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni menerangkan, workshop ini adalah upaya memfasilitasi mahasiswa UM Metro untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

“Kita harus siap menghadapi semakin tingginya kompleksitas kehidupan di masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah tentunya bekerjasama dengan Kemendes meluncurkan hibah (PHP2D) ini supaya para mahasiswa yang kelak akan jadi pemimpin bangsa diharapkan mulai belajar memahami kehidupan di tengah masyarakat,” kata Anak Agung Oka.

Oleh sebab itu, sambungya, kita sebagai salah satu perguruan tinggi yang menerapkan Catur Dharma di mana salah satunya ada Pengbadian kepada Masyarakat tentunya melalui dosen dan mahasiswa untuk turut membangun dan memberdayakan masyarakat atau desa. Kalau bukan kita siapa lagi yang bisa membantu mereka sebagai orang yang berada di perguruan tinggi.

“Saya berpesan cobalah untuk memulai mengiventarisir permasalahan-permasalahan yang ada di desa sehingga bisa dimuat ke dalam proposal. Apa sih yang bisa kita berikan kepada masyarakat desa tersebut terlebih sekarang di masa pandemic covid-19 ini,” tambahnya.

Menurutnya, UM Metro siap mendukung secara maksimal untuk memfasilitasi mahasiswa dalam rangka ikut berpartisapasi, di mana salah satunya melalui workshop yang berlangsung di Aula HI tersebut.

“Kita harus terus mengembangkan potensi diri. Bagi mahasiswa UM Metro yang nanti namanya terdaftar sebagai penerima hibah PHP2D ini, maka laporan kegiatannya bisa dijadikan dasar untuk rekognisi ke mata kuliah tertentu misalnya KKN. Sehingga nanti mahasiswa yang bersangkutan tidak perlu mengikuti KKN lagi, akan tetapi cukup mengentry KRS-nya saja, nanti nilainya akan otomatis masuk,” tukasnya.

Selain Drs. Anak Agung Oka, M.Pd, hadir sebagai pemateri Kaprodi Pendidikan Biologi Agil Lepiyanto, M.Pd. dan Kepala Pengabdian kepada Masyarakat Riswanto, M.Pd.Si.

Agil memaparkan ada 11 lingkup PHP2D yang bisa digagas mahasiswa. Namun mahasiswa harus melihat sisi demografis desa tersebut.

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved