Breaking News:

Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara Terima Bantuan BOS Sebesar Rp 77 Miliar

Pemerintah Pusat memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 77 Miliar lebih untuk Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Penulis: anung bayuardi | Editor: Reny Fitriani
Tribunnews.com/Wahid Nurdin
Ilustrasi - Rupiah. Kabupaten Lampung Utara Terima Bantuan BOS Sebesar Rp 77 Miliar 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Pemerintah Pusat memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 77 Miliar lebih untuk Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Dalam penggunaan dana BOS tersebut, sekolah harus menggunakannya sesuai dengan 12 komponen penggunaan dana BOS reguler yang sudah ditentukan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaa (Disdikbud) Lampung Utara Mat Soleh menjelaskan, 12 komponen tersebut yakni penggunaanya untuk Penerimaan Peserta Didik Baru, Pengembangan Perpustakaan, Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakulikuler, Kegiatan Asesmen/Evaluasi Pembelajaran.
Kemudian Administrasi Kegiatan Sekolah, Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Langganan Daya dan Jasa, Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sekolah.

Lalu Penyediaan Alat Multimedia Pembelajaran, Penyelenggaraan Bursa Kerja Khusus, Praktik Kerja Industri, PKL Dalam Negeri, Pemantauan Kebekerjaan, Pemagangan Guru, dan Lembaga Sertifikasi, Penyelenggaraan Ukom Keahlian, Sertifikasi Kompetensi Keahlian, Ukom Bahasa Asing Berstandar Internasional dan Pembayaran Honor.

”Tahun ini tidak ada BOS Afirmasi dan Kinerja. Hanya ada BOS Reguler saja,” katanya, Selasa 30 Maret 2021.

Dijelaskan Mat Soleh, Rp 77 Miliar lebih dana BOS tersebut terbagi menjadi Dana BOS SD sebesar Rp. 49.794.216.000, SMP Rp.20.502.130.000.

Kemudian BOP PAUD sebesar Rp 7.584.000.000 dan BOP Kesetaraan sebesar Rp. 1.574.100.000.”Jika dana BOS Reguler tesisa dalam anggaran sebelumnya pada sekolah, maka sisa dana BOS tetap digunakan oleh sekolah dengan ketentuan.

"Sudah dicatat dalam rencana kerja dan anggaran sekolah dan sesuai dengan petunjuk tekhnis BOS Reguler tahun anggaran berjalan,” ujarnya.

Sejauh ini terus Mat Soleh, pihaknya sudah beberapa kali bertemu dengan Kepala Sekolah dan meneruskan himbauan dari Kejaksaan Agung untuk mengoptimalkan penggunaan dana BOS di sekolah-sekolah, sehingga semua sesuai dengan petunjuk tekhnis yang ada.

Karena itu dalam hal ini pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Kejari Lampura untuk memonitoring pelaksanaan penggunaan dana BOS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved