Breaking News:

Tulangbawang Barat

Penerima BPNT di Tulangbawang Barat Turun Jadi 6.000 Keluarga 

Tahun ini penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) turun drastis.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
Istimewa
ILUSTRASI - Launching Penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kabupaten Pesisir Barat diresmikan langsung oleh Bupati Agus Istiqlal Rabu (24/7/2019). 

TRIBUNLAMPUNG, TULANGBAWANG BARAT - Tahun ini penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) turun drastis.

Penerima BPNT semula mencapai 15 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kini hanya menjadi 6 ribu KPM saja, atau turun hingga 9.000 KPM.

"Penyebabnya karena adanya penyepadanan data Pemerintah Pusat di seluruh Indonesia termasuk Tubaba," kata Kepala Dinas Sosial Tubaba, melalui Kepala Bidang Fakir Miskin, Tabrani, Rabu (31/3).

Baca juga: Ekonomi Membaik, 79 KPM di Terbanggi Besar Lamteng Keluar dari Peserta PKH

Pada awal 2021, atau tepatnya Januari lalu, Tubaba telah mengalami pengurangan KPM BPNT tersebut sebanyak 3.000 KPM.

Kemudian, pada Maret ini mengalami pengurangan kembali sebanyak 6.000 KPM. Penyepadanan data tersebut diambil untuk menyesuaikan dan sinkronisasi data penerima bantuan.

"Ini agar KPM yang menerima tersebut adalah masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan tidak menerima bantuan lainnya, sehingga tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan," paparnya.

Baca juga: Provinsi Lampung Terbanyak di Sumatera Graduasi KPM PKH

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan nantinya penerima BPNT yang merupakan program bantuan dari pusat berupa sembako masyarakat miskin senilai Rp 200 ribu yang kali ini tidak menerima nanti kembali dapat.

"Saat ini kita masih terus bekerjasama dengan Disdukcapil untuk mengirimkan data NIK dan KK KPM ke Pemerintah Pusat. Agar dapat dilakukan sinkronisasi data, sehingga bantuan dapat tepat sasaran dan sesuai harapan," tandasnya. (end)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved