Breaking News:

Bandar Lampung

Kemenag Lampung Instruksikan Kemenag Kabupaten/Kota Lakukan Mitigasi Persiapan Ibadah Haji 2021

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung telah menginstruksikan kemenag kabupaten/ kota untuk melakukan mitigasi ibadah haji 2021.

Tribunlampung.co.id/Sulis
Kepala Kanwil Kemenag Lampung Juanda Naim (tengah). Kemenag Lampung Instruksikan Kemenag Kabupaten/Kota Lakukan Mitigasi Persiapan Ibadah Haji 2021 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung telah menginstruksikan kemenag kabupaten/ kota untuk melakukan mitigasi ibadah haji 2021.

Ini terkait persiapan apabila dibukanya kuota haji dari Pemerintah atau Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

"Saya sudah meminta kemenag kabupaten/ kota melalui bidang penyelenggaraan haji dan umrah (PHU), untuk segera mitigasi, siapa jamaahnya yang berangkat kalau kuota dibuka," jelas Kepala Kanwil Kemenag Lampung Juanda Naim saat dikonfirmasi Tribunlampung.co.id, Rabu (7/4/2021) sore.

Mitigasi dilakukan menyesuaikan dengan skenario penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M dari Kementerian Agama RI.

"Misal kalau dibuka kuota 5 persen atau 10 persen, prioritas yang diberangkatkan berdasarkan usia lanjut atau batasan usia 50 tahun, jadi sudah kita pilah-pilih sebagai antisipasi," imbuh dia.

Namun begitu, terusnya, sampai saat ini belum ada kepastian apakah Kerajaan Arab Saudi membuka kuota ibadah haji atau tidaknya.

"Untuk itu mitigasi dilakukan dengan berbagai asumsi (skenario) sebagai bentuk antisipasi dari Kementerian Agama, jika ibadah haji dibuka maka skenarionya sudah ada," kata Juanda.

Selain itu, biaya ibadah haji dimungkinkan mengalami kenaikan meskipun belum diputuskan. 

"Kenaikan biaya bisa jadi disebabkan karena adanya biaya protokol kesehatan, meningkatnya biaya akomodasi, biaya hotel, kurs, dan lainnya," terang mantan Kepala Kemenag Lampung Selatan ini.

"Kami juga sudah mengimbau agar jamaah haji melakukan vaksinasi agar seandainya dibuka kuota tahun ini, jamaah sudah melakukan salah satu syaratnya yaitu sudah divaksinasi," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved