Breaking News:

Bandar Lampung

Sinergi BPKP dan Pemprov Lampung Kawal Program Prioritas Daerah

Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi pengawasan intern keuangan dan pembangunan bersama seluruh Pemda di wilayah Lampung

Tribunlampung.co.id/Kiki
Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)┬áProvinsi Lampung menggelar rapat koordinasi pengawasan intern keuangan dan pembangunan bersama seluruh Pemda di wilayah Provinsi Lampung di Gedung Pusiban Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (7/4/2021). Sinergi BPKP dan Pemprov Lampung Kawal Program Prioritas Daerah 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi pengawasan intern keuangan dan pembangunan bersama seluruh Pemda di wilayah Provinsi Lampung.

Rakor tersebut berlangsung di Gedung Pusiban Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (7/4/2021).

Kegitan itu dihadiri Inspektur KPK, Subroto, dan Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kemendagri, Elfin Ilyas.

Acara ditandai dengan ditandatangani komitmen bersama untuk bersinergi dalam memberikan manfaat lebih besar guna mencapai Lampung Berjaya.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Agustina Arumsari Mewakili Kepala BPKP, mengatakan isu utama dalam Rakor ini yang diangkat adalah upaya meningkatkan peran pengawasan intern dalam mengawal program prioritas daerah.

Bahwa, kendala pembangunan daerah sudah ditemui sejak perencanaan, salah satunya karena program dan indikator kinerjanya belum nyambung, serta masih tingginya ego sektoral antar dinas teknis.

Ditambahkannya, masalah lainnya adalah pengawasan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang belum fokus pada program prioritas daerah.

”Oleh karena itu, dibutuhkan orkestrasi pengawasan intern untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, utamanya melaui sinergi pengawasan program pengembangan potensi daerah, untuk tematik Provinsi Lampung adalah sektor pertanian,” kata Agustina.

Menurutnya, posisi Lampung yang relatif dekat dari Jakarta, merupakan keuntungan tersendiri sehingga memberikan keunggulan kompetitif yang menyebabkan produk pertanian dari Lampung memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi karena biaya logistik yang relatif murah.

Namun demikian, Agustina menyebutkan program yang akan dilakukan oleh Pemprov dan Kabupaten/kota di Lampung menjadi tantangan besar.

Halaman
12
Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved