Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Pengertian Hewani dan Nabati

Sumber protein yang mengandung asam amino esensial berdasarkan asalnya dibedakan menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani

Apa Itu Pengertian Hewani dan Nabati
kompas.com
Simak pengertian mengenai apa itu hewani dan nabati

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Simak apa pengertian hewani dan nabati.

Pada materi sebelumnya kita telah membahas pentingnya protein untuk menujang kehidupan makhluk hidup.

Mengutip dari Kompas.com, yang dilansir dari Healthline Media, ada 20 macam asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia, 11 diantaranya dapat dibuat dalam tubuh sedangkan sisanya harus didapatkan dari luar.

Asam amino yang tidak dapat disintesis tubuh adalah 9 macam asam amino esensial yang harus didapatkan melalui makanan.

Sumber protein yang mengandung asam amino esensial berdasarkan asalnya dibedakan menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein hewani.

Perbedaan Protein Nabati dan Hewani Protein nabati adalah protein yang didapat dari tumbuh-tumbuhan, sedangkan protein hewani adalah protein yang didapat dari hewan.

penyerapan protein hewani oleh tubuh adalah 90%, sedangkan penyerapan protein nabati hanya 60 hingga 70%. Dari 10 gram protein hewani, hanya 9 gram yang akan diserap tubuh dan sisanya akan terbuang oleh proses metabolisme. Adapun dari 10 gram protein nabati, hanya 6 hingga 7 gram yang akan diserap tubuh.

Inilah mengapa untuk mendapat kadar protein yang sama dengan protein hewani, kita harus meningkatkan konsumsi protein nabati. Hal ini disebabkan oleh perbedaan struktur tubuh manusia dengan tubuh sumber protein.

Protein hewani menyediakan asam amino esensial yang lebih tepat dibandingkan dengan protein nabati.

Hal ini dikarebakan sumber protein yang terdapat pada protein hewani, hampir sama dengan yang terdapat pada tubuh manusia.

Dilansir dari Healthline Media, protein nabati disebut protein tidak lengkap karena kekurangan satu atau dua asam amino esensial.

Kelengkapan asam amino esensial pada protein hewani tidak berarti kita harus hanya mengonsumsi protein hewani dan tak mengonsumsi protein nabati.

Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, protein dalam makanan tidak tersedia secara mandiri, namun dapat bersamaan dengan bahan lainnya seperti lemak, serat, vitamin, natrium, dan mineral lainnya.

Demikian pengertian apa itu Hewani dan Nabati. ( Tribunlampung.co.id Riyo Pratama )

Baca berita apa itu Lainnya

Penulis: Riyo Pratama
Editor: Hurri Agusto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved