Breaking News:

Universitas Teknokrat Indonesia

Dosen PTS Terbaik di Lampung Universitas Teknokrat Beri Pelatihan Pembuatan Cek Suhu Tubuh Otomatis

Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyar

ist
 Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung.

Ketua Tim Auliya Rahman Isnain, M.Cs Universitas Teknokrat Indonesia mengatakan, PKM di SMK Gajah Mada mengambil judul “Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Cek Suhu Tubuh Otomatis Berbasis IoT”.

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 31 Maret 2021, bertempat di Aula SMK Gajah Mada. Siswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang dari Kelas 12. Kegiatan PKM dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Gajah Mada Riyon, S.S., M.Pd.

 Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung.
 Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung. (ist)

Auliya Rahman menjelaskan, siswa diperkenalkan alat seperti; NodeMCU, Sensor MLX90614 (suhu), Arduino IDE (pc/laptop) dan Aplikasi Blynk (Hp).

Dijelaskan NodeMCU adalah sebuah platform IoT yang bersifat opensource. Terdiri dari perangkat keras berupa System On Chip ESP8266 dari ESP8266 buatan Espressif System, juga firmware yang digunakan, yang menggunakan bahasa pemrograman scripting Lua.

Istilah NodeMCU secara default sebenarnya mengacu pada firmware yang digunakan daripada perangkat keras development kit.

NodeMCU juga bisa dianalogikan sebagai board arduino-nya ESP8266. Dalam seri tutorial ESP8266 embeddednesia.

Peserta juga dikenalkan Sensor MLX90614 (suhu). Ini sensor temperatur non contact yang mengukur temperatur berdasarkan radiasi inframerah yang dipancarkan oleh suatu objek. Sensor ini dapat mengindera gelombang elektromagnetik di kisaran 700 nm hingga 14.000 nm dan dapat mengukur temperatur tubuh manusia dengan akurat pada jarak 5 cm.

Selain itu, siswa juga dikenalkan Blynk (Hp). Blynk adalah aplikasi untuk iOS dan OS Android untuk mengontrol Arduino,NodeMCU,Raspberry Pi dan sejenisnya melalui Internet. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat hardware, menampilkan data sensor, menyimpan data, visualisasi, dan lain-lain.

Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung.
Dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia salah satu Universitas Terbaik di Provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Binaan di SMK Gajah Mada Bandarlampung. (ist)

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Gajah Mada Riyon, S.S., M.Pd, mengucapkan banyak terimakasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia yang telah melakukan PKM di sekolahnya. Ia mengaku sangat senang terhadap kegiatan ini. Harapanya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali karena sangat bermanfaat bagi siswa SMK Gajah Mada. 

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved