Breaking News:

Pesisir Barat

Bambang Sumbo Terima Kunjungan Silaturahmi Para Sai Batin Marga dan Para ulama Pesisir Barat

Silaturahmi Para Sai Batin Marga dan Para ulama dengan Pemda Kabupaten Pesisir Barat.

ist
Silaturahmi tersebut disambut baik oleh Pj Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo SE.,MM. didampingi Sekda Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP beserta Asisten I Bidang Pemerintahan Audi Marpi, Spd., MM. dan beberapa perwakilan OPD. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Silaturahmi Para Sai Batin Marga dan Para ulama dengan Pemda Kabupaten Pesisir Barat.Ruang Batu Gughi Setdakab Pesisir Barat, Jum'at 09 April 2021.

Silaturahmi tersebut disambut baik oleh Pj Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo SE.,MM. didampingi Sekda Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP beserta Asisten I Bidang Pemerintahan Audi Marpi, Spd., MM. dan beberapa perwakilan OPD.

Pj Bupati Pesisir Barat mengucapkan terima kasih kepada Para Sai Batin dan Para Ulama yang telah berkunjung ke Pemda Kab. Pesisir Barat.

Pj Bupati Pesisir Barat menyampaikan banyak hal yang perlu kita ketahui bahwa, Kabupaten Pesisir Barat memiliki slogan Negeri sai Batin dan Para Ulama, sejak memperoleh Anugerah alam buat kabupaten pesisir barat yang memiliki 16 marga saibatin dan Anugerah alam memiliki tokoh-tokoh Ulama besar internasional yang termasuk sampai di Timur Tengah (Mekah-Madinah). selain itu juga Kabupaten Pesisir Barat memiliki 3 wisata reliji yang sudah dikenal wisatawan lokal dan Mancanegara yaitu : 

1. Keramat Manula, yang merupakan daerah yang terdapat di perbatasan lampung dengan bengkulu, tepatnya di kawasan taman nasional bukit barisan selatan, kecamatan lemong. daerah ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke pesisir barat, karena ada makam Syekh Aminullah. makam ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat karena Syekh Aminullah dipercaya sebagai penyebar agama islam pertama kali.

2. Goa Matu, merupakan goa yang terletak di Pekon Way Sndi, Kecamatan Karya Penggawa. goa ini berjarak sekitar 15 km atau sekitar 25 menit perjalanan dari pusat Kota Krui. bagi masyarakat setempat, goa matu bukan merupakan gua biasa, goa matu merupakan simbol tatanan masyarakat lain selain manusia, yaitu makhluk tak kasat mata. beragam cerita mistis kerap dihubungkan dengan goa matu. masyarakat setempat bisa dipastikan mengenal gua ini, bukan karena sering mengunjungi, namun karena cerita mistis yang berkembang.

3. Makam Gajah Mada, yang terletak di Pekon Kerbang Langgar Kecamatan Pesisir Utara, tepat di tepi jalan krui - bengkulu. makam gajah mada bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari Krui, sebagaimana sejarah bangsa indonesia, gajah mada merupakan patih paling masyhur dari kerajaan majapahit di trowulan Jawa Timur. gajah mada terkenal dengan sumpah palapa dan kepemimpinnya dalam memimpin pasukan.

PJ Bupati Pesisir Barat juga menegaskan kepada Para Sai Batin dan Para Ulama, Pekon atau di Tempat masing masing untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Aturan Pemerintah. mengingatkan hal wajib (4 M) Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun/ handsanitizer dan Menghindari kerumunan, demi untuk pencegahan Covid-19.

Harapan PJ Bupati Pesisir Barat, agar Sai Batin memiliki anggaran sendiri melalaui Sekda Pesisir Barat untuk mengembangkan Adat Istiadat di Pekon masing masing.

Kemudian dilanjutkan usulan dari Perwakilan Para Sai Batin Marga Ngaras Pun Berdi Saputra, menyampaikan untuk terus mendukung majunya dibidang wisata religi dan budaya, Selain itu kami berharap kabupaten Pesiair Barat menjadi simbol wisata religi serta menjadi contoh perkembangan dibidang kemajuan.

Selanjutnya Dari Para Ulama yang diwakili Ketua MUI. KH. M. Nurhadi, M.Pdi., menegaskan Adat Istiadat di Pesisir Barat harus terus dilestarikan dan kehadiran para turis agar memperhatikan pakai/ busana, diharapkan di tempat wisata agar tersedianya fasilitas beribadah seperti Mushola.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved