Breaking News:

UM Metro

UM Metro Gelar Program Motivation Achievement Training Program Studi Bimbingan dan Konseling

Pandemi covid 19 tak terasa sudah berlangsung satu tahun lebih. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi covid 19 sangatlah banyak pada sendi kehidupan

ist
Pandemi covid 19 tak terasa sudah berlangsung satu tahun lebih. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi covid 19 sangatlah banyak pada sendi kehidupan manusia. Pada dunia pendidikan, pandemi covid 19 membuat pola pembelajaran berubah secara signifikan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pandemi covid 19 tak terasa sudah berlangsung satu tahun lebih. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi covid 19 sangatlah banyak pada sendi kehidupan manusia. Pada dunia pendidikan, pandemi covid 19 membuat pola pembelajaran berubah secara signifikan.

Pola pembelajaran yang biasanya berlangsung secara tatap muka antara guru dan peserta didik, sekarang menjadi dilakukan secara online menggunakan berbagai flatform.

"Rintangan dan hambatan pola pembelajaran secara daring banyak bermunculan dari peserta didik, guru, dan juga orang tua. Pelayanan bimbingan dan konseling juga tak luput dari dampak pandemi covid 19. Layanan konseling dan konsultasi yang biasanya dilakukan secara tatap muka (face to face) sekarang harus dilakukan secara online. Melalui sistem online pelayanan konseling kepada peserta didik sangatlah sulit dilakukan serta efektifitasnya masih belum maksimal," ungkap Susilawati, S.Pd., Guru BK SMK Muhammadiyah 1 Metro.

"Situasi pandemi pelaksanaan bimbingan dan konseling sangatlah susah dilakukan. Bahkan pelayanan karir dan studi lanjut untuk kelas XII yang merupakan program layanan yang sangat penting tidak dapat berjalan secara efektif," imbuh Susilawati

Senada Agus Wibowo, M.Pd., Kaprodi Bimbingan dan Konseling UM Metro melihat secara khusus dampak dari pelayanan konseling dan konsultasi bagi peserta didik kelas XII. Menurut Agus, peserta didik mengalami kendala dalam merencanakan dan mengambil keputusan akan studi lanjut dan karir setelah tamat SMA/SMK. 

"Memperhatikan berbagai problematika yang muncul di sekolahan, maka program studi bimbingan dan konseling UM Metro melaksanakan kegiatan pendampingam bagi peserta didik kelas XII untuk dapat merencanakan studi lanjut dan karir setelah tamat SMA/SMK," ujarnya.

Agus Wibowo menambahkan "kelas XII sangat membutuhkan pendampingan untuk sukses dalam menentukan pemilihan studi lanjut dan karir di masa depan. Oleh karenanya, sebagai prodi yang terakreditasi A harus mampu hadir dan berkontribusi memberikan pemdampingan kepada peserta didik, khususnya kelas XII."

Perlu untuk diketahui program yang diusung oleh prodi BK UM Metro untuk membantu peserta didik kelas XII adalah " Motivation Achievement Trainning". Pada masa pandemi covid 19, pendampingan yang dilakukan melalui dua cara yaitu pendampingan secara luring/langsung kepada peserta didik,dan pendampingan secara online.

Pelaksanaan Motivation Achievement Training yang dilaksanakan pada tanggal 6 maret -30 maret 2021. Program pendampingan motivation achivement training Prodi BK ummetro diikuti oleh berbagai sekolah SMA/SMK,MA dipropinsi lampung.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved